Sejarah Pendudukan Belanda di Situ Sukarame Parakansalak dan HUT Sukabumi Dimata Marwan Hamami

Kamis, 04 Oktober 2018 - 00:00 WIB

Sejarah Pendudukan Belanda di Situ Sukarame Parakansalak dan HUT Sukabumi Dimata Marwan Hamami
Sejarah Pendudukan Belanda di Situ Sukarame Parakansalak dan HUT Sukabumi Dimata Marwan Hamami

Bupati Sukabumi Marwan Hamami Mancing di Situ Sukarame Parakansalak (22/9/2018) - Foto : Rapik Utama/TatarSukabumi.ID


TatarSukabumi.ID - Serangkaian acara menyambut hari jadi Kabupaten Sukabumi jauh jauh hari digelar Pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi.


Dari sekian acara yang puncaknya akan digelar bulan depan, acara gebyar hari jadi Kabupaten Sukabumi dirayakan dengan lomba mancing, lari lumpur dan jalan santai yang digelar di area Perkebunan Situ Sukarame Parakansalak, Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat, Minggu [23/9/2018].


BACA JUGA : 3000 Peserta Mancing Padati Situ Sukarame Parakansalak


Bupati Sukabumi Marwan Hamami jelang pembukaan acara kepada TatarSukabumi.ID mengungkapkan, "Sejarah hari jadi serta nama Kabupaten Sukabumi secara administratif setelah dikaji oleh ahli sejarah, ditambah kemarin saya kembali dari Belanda melihat literatur, secara administratif setelah ditelaah tahun depan sudah ditetapkankan hari jadi kabupaten Sukabumi dari 1 Oktober1945 menjadi 10 September 1870 jadi HUT kabupaten ke-149," ujar Bupati Sukabumi, Minggu [23/9/2018].


Marwan Hamami dan Dana Budiman nikmati Cingcau khas Situ Sukarame Parakansalak (22/9/2018)- Foto : Rapik Utama / TatarSukabumi.ID


Lebih jauh Bupati Sukabumi menjelaskan sejarah keberadaan Perkebunan Sukarame, "Sejarah Situ Sukarame Parakansalak adalah pertama kali Belanda masuk ke tanah Pasundan serta berkebun, hingga sohor diseluruh dunia adalah adanya perkebunan kopi, tapi sekarang masih adakah potensi Kopi tersebut, Kelak akan diperhatikan agar obyek Pariwisata Situ Sukarame dan icon kopi bisa lebih dikembangkan," Ujar Bupati Marwan.


BACA JUGA : Jelang Pertemuan Guru Honorer dengan Pemkab Sukabumi 25 September Mendatang, Adjo Sardjono Angkat Bicara


Edi Kusmara ketua panitia Sekretaris dinas pariwisata kabupaten Sukabumi dalam laporannya mengungkapkan ," pendaftaran peserta mancing  sudah mencapai 3000 hingga 3500 peserta untuk ikan disediakan oleh panitia Antara sebanyak 1.2 hingga1.5 Ton, semoga kedepannya bisa dijadikan kalendar tahunan untuk destinasi wisata di wilayah kabupaten Sukabumi yaitu Situ Sukarame dan Curug Sawer," ungkap Edi Kusmara.


Bupati Marwan Hamami nampak antusias berbaur bersama Masyarakat, orang nomor satu di Sukabumi sempat memborong makanan ringan khas Cincau hingga dipijat oleh budayawan Parakansalak TB Dawang.


Dari pantauan TatarSukabumi.ID warga nampak membeludak penuhi Situ Sukarame, tidak sedikit warga terpaksa pulang karena tidak mendapat lapak mancing.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

SUKABUMI TERKINI