Header AD

Segudang Polemik Permasalahan Dinas Pendidikan Sukabumi, Maman Abdurahman Angkat Bicara

Kadisdik Kabupaten Sukabumi Maman Abdurahman - TatarSukabumi.ID


TatarSukabumi.ID - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi melakukan kunjungan kerja di komplek Perkantoran Jajaway, Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu [12/9/2018].


Untuk meningkatkan Program Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Sukabumi Kadisdik menjelaskan beberapa upaya, "Kita sedang laksanakan program peningkatan pembangunan sekolah rusak, peningkatan mutu guru, kemudian persiapan simulasi UN (Ujian Nasional)," ujar Maman Abdurahman saat ditemui TatarSukabumi.ID disela Kunkernya, Rabu [12/9/2018].


BACA JUGA : Marwan Hamami : Pengembangan Satu Desa Satu Pasar One Product One Village


Banyak kendala yang saat ini dihadapi Disdik Kabupaten Sukabumi diantaranya adalah masih minimnya sarana penunjang Komputer jelang UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) bagi Sekolah Menengah Pertama, "Belum semua SMP dikabupaten Sukabumi bisa selenggarakan UNBK. Kemampuan Pemerintah Daerah untuk penyediaan sarana prasarana seperti komputer belum semua bisa terpenuhi," ungkap Maman.


"Oleh karena itu mungkin ada dibeberapa sekolah yang orang tuanya mampu turut berpartisipasi membantu, bila yang tidak mampu dibebaskan, hal itu dilakukan supaya ada percepatan penyediaan sarana prasarana dalam rangka pelaksanaan UNBK," ungkap Kadisdik.


BACA JUGA : Lokakarya Gebyar Muharram 1440 H dan Milad PSI ke-XVII Kabupaten Sukabumi


Menanggapi banyaknya bangunan Sekolah yang rusak, Maman Abdurahman angkat bicara, "Kita berharap pemerintah pusat, kalau pemerintah daerah kan terbatas anggaran, pemerintah pusat dalam penyediaan dana bantuan sosial (Bansos) kalau sekarang disebut Bantah (bantuan pemerintah) kita berharap quotanya ditingkatkan, sebab sebagai mana kita ketahui banyak sekali terdapat bangunan sekolah rusak parah, oleh karena itu harus segera ditangani dengan memperoleh quota Bantah yang lebih dari kota atau kabupaten lain," harap Maman.


Permasalahan lain yang dihadapi Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi adalah kekuranganya tenaga pengajar, "Kita berharap janji pemerintah pusat untuk segera mengangkat pegawai negeri terutama guru, agar kekurangan guru disekolah bisa teratasi," ungkap Maman Abdurahman.


BACA JUGA : BNNK Sukabumi dan Yonarmed 13 Nanggala : Narkoba Ancaman Eksistensi Bangsa dan Negara


Hal ini menjawab kurangnya tenaga pengajar PNS/ ASN dilingkungan sekolah, "Bisa dibayangkan 1 Sekolah hanya ada 1 ASN, hanya kepala sekolah saja, ini menjadi beban sekolah, sementara unit costnya hanya 15 % bagi honorer, yang lain tidak bisa dipergunakan membayar honorer," jelasnya.


Menurut Maman Abdurahman pengangkatan ASN adalah wewenang BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia), "Kita berharap pemerintah pusat dalam hal ini Menpan (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara) segera memproritaskan dan jangan ditunda-tunda, sebab teman-teman honorer yang dilapangan sudah sangat berteriak," tandasnya. (adv)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Segudang Polemik Permasalahan Dinas Pendidikan Sukabumi, Maman Abdurahman Angkat Bicara Segudang Polemik Permasalahan Dinas Pendidikan Sukabumi, Maman Abdurahman Angkat Bicara Reviewed by Tatar Sukabumi on Kamis, September 13, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads