Header AD

SEC Ikuti Ngaraksa Budaya Ngaraksa Pusaka

Anggota SEC hadiri Gelar Budaya Sunda (8/9/2018) - Dian Syahputra Pasi

TatarSukabumi.ID - Gelar Budaya Sunda dengan mengusung tema Ngaraksa Budaya, Ngaraksa Pusaka digelar di Lapang Koperasi Motekar Kecamatan Baros Kota Sukabumi, Sabtu [8/9/2018].


Acara diisi dengan beberapa kegiatan mulai dari acara Ngarak Pusaka Karuhun, Upacara adat, Tarawangsa dan gelar seni Pencak Silat, kesenian Debus, Ronggeng, alunan Karinding dan Angklung buhun hingga acara Saresehan.


BACA JUGA : Dollar Terus Naik, Harga - harga Meroket, Namun Harga Jual Hasil Pertanian Justru Anjlok, Petani Menjerit


Acara akbar ini dihadiri beberapa komunitas Kasundaan, Pegiat Budaya Sunda maupun elemen masyarakat yang cinta akan budaya Sunda.


Upacara Adat Sunda (8/9/2018)


Dari pantauan TatarSukabumi.ID, diantara tamu hadir adalah komunitas Sukabumi Equality Comunity (SEC) yang turut hadir sebagai tamu dalam kegiatan ini.


BACA JUGA : Penambang Emas Liar Jarah Taman Nasional Gunung Halimun Salak


Ditemui dilokasi acara, Presiden SEC, Ega kepada TatarSukabumi.ID mengungkapkan, "Kami sangat mengapresiasi dan mendukung acara ini, sebagai wujud bahwa kami peduli terhadap nilai luhur budaya Sunda," ujar Ega, Kamis [8/9/2018].


Ketua SEC hadiri acara Budaya Sunda (8/9/2018)


Menurut Ega, nilai nilai budaya sunda saat ini sudah mulai pudar, generasi milenial seolah tidak lagi peduli dan tidak sedikit yang bahkan tidak mengenal budaya leluhurnya, "Dewasa ini kebudayaan kita sudah mulai terlupakan, ini sangat berbahaya, oleh sebab itu kami SEC sangat mensuport upaya yang dilakukan teman teman untuk kembali memperkenalkan budaya sunda kepada generasi milenial saat ini," beber Ega.


BACA JUGA : Harga Tiket Kereta Api Pangrango Sukabumi-Bogor Naik


Menelisik lebih jauh, SEC merupakan komunitas yang didikan pada Bulan Nopember 3 tahun silam yang aktif bergerak dibidang  sosial kemasyarakatan di Kota maupun Kabupaten Sukabumi.


SEC merupakan komunitas dari berbagai kalangan dengan mengedepankan jiwa pertemanan serta gerakan sosial, seni dan budaya, "Kami saat ini beranggotakan 200 anggota, kegiatan rutin kita diantaranya kegiatan keagamaan dalam bentuk pengajian mingguan, serta gerakan bakti sosial, semoga kami bisa terus berkontribusi bagi kemajuan Sukabumi yang lebih baik," tandasnya.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

SEC Ikuti Ngaraksa Budaya Ngaraksa Pusaka SEC Ikuti Ngaraksa Budaya Ngaraksa Pusaka Reviewed by Tatar Sukabumi on Sabtu, September 08, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads