Header AD

Mahasiswa UMMI Geruduk BPN Kabupaten Sukabumi Desak Reforma Agraria Sesuai Nawacita

Mahasiswa UMMI gelar Aksi Massa didepan Kantor BPN (27/9/2018) - Foto : Rapik Utama / TatarSukabumi.ID


TatarSukabumi.ID - Memperingati Hari Tani Nasional yang jatuh setiap tanggal 24 September, ratusan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliiansi Mahasiswa KBM Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Faperta Ummi) dan Himpunan Mahasiswa Agribisnis universitas Muhammadiyah Sukabumi (Himagri) menggelar aksi massa.


Aksi massa dengan mengusung tema 'Kado Buruk Hari Tani, BPN Tidak Mampu Menyelesaikan Permasalahan Penertiban Lahan Terlantar' digelar di halaman kantor BPN (Badan Pertanahan Negara) Sukabumi, Jalan Suryakencana Kelurahan Gunung Parang, Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, Kamis [27/9/2018].


BACA JUGA : Miris Jompo Disabilitas di Sukabumi Huni Rutilahu 3 Meter Dengan WC Tanpa Penghalang Disamping Kandang Kambing


Maulana selaku Koordinator aksi saat ditemui TatarSukabumi.ID disela aksi mengungkapkan, "Kami Mahasiswa yang tergabung dalam KBM KBM Faperta Ummi pada momentum Hari Tani Nasional ke-58 mengingatkan serta mendesak pihak BPN melaksanakan komitmen pemerintah dibawah kepemimpinan Jokowi-JK dalam menjalankan Reforma Agraria yang sudah dicantumkan dalam Nawacita," ungkap Maulana, Kamis [27/9/2018].


Lebih lanjut menurut Maulana menjelaskan, data KPA (Konsorsium Pembaruan Agraria) menyebutkan 0,2% lahan saat ini dikuasai penduduk petani sementara 56% aset Nasional dalam bentuk kepemilikan lahan saat ini dikuasai oleh pemegang kuasa dan ketimpangan penguasaan lahan dimiliki oleh segelintir elit yang pada dasarnya peruntukkannya untuk petani.

Mahasiswa UMMI gelar Aksi Massa didepan Kantor BPN (27/9/2018) - Foto : Rapik Utama / TatarSukabumi.ID

"Aksi kami menuntut BPN untuk segera melaksanakan Reforma Agraria yang sebenarnya sesuai perundang- undangan termasuk menertibkan lahan terlantar untuk bisa dikelola oleh para petani," tadas Maulana.


BACA JUGA : Aksi Bejad Pedofilia di Sukabumi, Korban Diikat, Dilakban Hingga Digilir Didalam Gubuk


Ditemui usai aksi Mahasiswa, Plh.Kasi Penataan Pertanahan BPN Kabupaten Sukabumi, Endang Suriyadi mewakili Kepala BPN kepada TatarSukabumi.ID enggan berkomentar banyak, "Nanti saja" ucap Endang.


Pantauan TatarSukabumi.ID dilokasi aksi, Jajaran Kepolisian Resor Sukabumi Kota melakukan pengamanan diarea sekitar Kantor BPN Kabupaten Sukabumi.


BACA JUGA : Aksi Mogok Ngajar Guru Honorer Sukabumi Berakhir, Inilah Kesepakatannya


Aksi berjalan damai meski Mahasiswa mendesak agar Kepala BPN menemui massa aksi, namun menurut Endang Suriyadi Kepala Kantor BPN sedang melakukan dinas luar di Jakarta.


Meski tidak puas tidak bertemu Kepala BPN, Mahasiswa  akhirnya membubarkan diri meninggalkan kantor BPN dilanjutkan longmarch kembali menuju Universitas Muhammadiyah Sukabumi.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Mahasiswa UMMI Geruduk BPN Kabupaten Sukabumi Desak Reforma Agraria Sesuai Nawacita Mahasiswa UMMI Geruduk BPN Kabupaten Sukabumi Desak Reforma Agraria Sesuai Nawacita Reviewed by Tatar Sukabumi on Kamis, September 27, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads