Header AD

Kawasan Bedeng Jantung Kota Cibadak Cukup Memprihatinkan

Warga Bedeng mencuci dari air selokan rel kereta (28/9/2018) - Foto : Isep Panji


TatarSukabumi.ID - Bedeng merupakan sebutan lain salah satu wilayah yang berada di Kampung Leuwigoong tepatnya di RT 01 /RW 016 Kelurahan/Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.


Sebutan Bedeng sudah kental sebagai nama lain diwilayah tersebut, Kampung Bedeng saat ini dihuni puluhan kepala keluarga yang tinggal menetap selama puluhan tahun.


BACA JUGA : Miris Jompo Disabilitas di Sukabumi Huni Rutilahu 3 Meter Dengan WC Tanpa Penghalang Disamping Kandang Kambing


Bedeng yang berada ditengah perkotaan Cibadak sempat terkenal dengan salah satu lapangan Bola Volly Civox (Cibadak Pojok) yang saat ini sudah jarang dipergunakan sebagai lapang Volly.


Lapangan Bola Volly Cipok yang terkenal di Cibadak menjadi arena tempat jemuran pakaian (28/9/2018) - Foto : Isep Panji


Pemandangan Lapang Civok saat ini, dari pagi hingga tengah hari, warga setempat memakai lapangan sebagai arena tempat menjemur pakaian, sementara itu nyaris setiap sore lapangan ini dipakai bocah laki - laki untuk bermain Sepakbola hingga memasuki Adzan Magrib tiba.


BACA JUGA : Belum Ditangani RSHS, Pasien Kanker Tulang Putera Guru Ngaji di Sukabumi Curhat ke Kang Emil


Menurut Ade Kojit (52) warga setempat, kawasan Bedeng tergolong salah satu kawasan padat penduduk dengan kondisi yang cukup memprihatinkan yang berada tepat di jantung Kota Cibadak.


"Kami seolah tidak tersentuh program pemerintah seperti bantuan rumah tidak layak huni dan air bersih sejak puluhan tahun," ujar Ade Kojit kepada TatarSukabumi.ID, Jumat [28/9/2018].


Kawasan padat penduduk Kampung Bedeng Cibadak (28/9/2018) - Foto : Isep Panji


BACA JUGA : Gegara Macet, Jujun Junaedi Warga Sukabumi Ciptakan Mesin Terbang


Penghuni Bedeng sebagian mendiami lahan pribadi, sementara sebagian warga lainnya merupakan pendatang yang tinggal mengontrak sejak puluhan tahun dikawasan padat ini, cukup miris memang, menurut Ade Kojit, warga Bedeng sebagain besar tinggal di lahan yang cukup sempit dan kurang sehat.


Sementara itu, Bahtiar Efendi Ketua lingkungan setempat saat ditemui TatarSukabumi.ID membenarkan jika kawasan Badeng tergolong wilayah dengan kondisi yang cukup memprihatinkan.


BACA JUGA : Aksi Bejad Pedofilia di Sukabumi, Korban Diikat, Dilakban Hingga Digilir Didalam Gubuk


Kampung Bedeng saat ini hanya memiliki 2  MCK ( Mandi Cuci Kakus) yang biasa dipakai mandi anak anak dan buang air besar dengan sumber air yang berasal dari selokan.


"Hampir semua keluarga sekitar mencuci dari air selokan yang diambil memakai pipa paralon dari gonggo lintasan kereta api yang dialirkan ke 2 MCK yang dibangun diatas selokan," ujar Bahtiar.


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Kawasan Bedeng Jantung Kota Cibadak Cukup Memprihatinkan Kawasan Bedeng Jantung Kota Cibadak Cukup Memprihatinkan Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, September 28, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads