Header AD

Gerombolan Monyet Gunung Halimun Salak, Turun Gunung Masuk Pemukiman Warga

TatarSukabumi.ID - Dalam sepekan terakhir, gerombolan ratusan monyet turun gunung diduga akibat habitatnya mengalami kekeringan dan kekurangan makanan, Jumat [7/9/2018].


Munculnya kawanan monyet ini membuat warga Kampung Sukagalih, Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, cukup resah.


BACA JUGA : Harga Tiket Kereta Api Pangrango Sukabumi-Bogor Naik


           
Pasalnya, gerombolan hewan jenis primata tersebut saat ini sudah mulai memasuki perkampungan warga,  meski tidak melakukan penyerangan langsung kepada warga, namun tetap saja hal ini menimbulkan kekhawatir penduduk sekitar.
           

"Warga cemas bmonyet monyet ini merusak areal pertanian, mencuri bahan makanan hingga merusak tanaman warga" ujar Soma (60), warga Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, kepada TatarSukabumi.ID, Jumat [7/9/2018].


BACA JUGA : Tambang Emas Liar di Sukabumi, Penambang Tergiur Mitos Emas
           

Menurut Soma, munculnya kawanan Monyet disekitar permukiman warga tidak selalu terjadi setiap tahun, berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, munculnya kawanan kera hanya terjadi bila musim kemarau panjang.


           
"Anehnya bila musim hujan tiba, kawanan kera dan lutung ini menghilang. Mungkin mereka kembali ke habitat mereka di hutan," tutur Soma.


BACA JUGA : Balita Terperosok Masuk Kedalam Sumur di Sukabumi


Dari informasi yang dihimpun TatarSukabumi.ID, kawanan kera dan lutung ini berasal dari areal hutan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).


Rokib warga setempat mengaku jika gerombolan monyet berasal dari TNGHS, "beberapa hari ini memang kawanan monyet turun gunung untuk mencari makan, beberapa petak tanaman sayur warga ada yang sudah di jarah. Hal itu selalu terjadi bila ketersediaan air di hutan yang menjadi habitat mereka berkurang karena kekeringan. Sebenarnya bukan hanya monyet saja, beberapa jenis hewan khas hutan yang lain juga ikut turun gunung untuk mencari air dan makanan," jelasnya.(*)


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Gerombolan Monyet Gunung Halimun Salak, Turun Gunung Masuk Pemukiman Warga Gerombolan Monyet Gunung Halimun Salak, Turun Gunung Masuk Pemukiman Warga Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, September 07, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads