Header AD

Delegasi CDOB Sukabumi dan 1.600 Orang dari Berbagai Provinsi Desak Pemerintah Segera Buka Pemekaran Daerah

Delegasi CDOB Sukabumi Desak Pemerintah Segera Buka Pemekaran Daerah, Rapik Utama, Senayan, Jakarta (24/9/2018)

TatarSukabumi.ID - Jakarta, Delegasi Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Forum Koordinasi Nasional (FORKORNAS ) CDOB Se-Indonesia hari ini mendatangi Komite I DPD RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/9/2018).

1.600 orang dari 173 delegasi CBOD yang merupakan Forum Koordinasi Nasional (FORKORNAS) mendatangi dan melakukan audiensi dengan Komite I DPD RI.

BACA JUGA : FORKODA Desak Kepemimpinan Ridwan Kamil Rancangan Peraturan Daerah CDOB

Dalam agenda tersebut, Forum Koordinasi Nasional (FORKORNAS) Delegasi Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB), beserta DPD RI mendesak pemerintah segera membuka dan merealisasikan pemekaran di beberapa daerah.

Perlu diketahui, sudah 2 tahun Draft Peraturan Pemerintah (PP) tentang pemekaran daerah, penataan daerah serta desain besar penataan daerah berada di meja DPOB Dewan Penasehat Otonomi Daerah oleh Jusuf Kalla masih saja belum ada respon.

BACA JUGA : Tidak Punya Jembatan, Pelajar di Sukabumi Terpaksa Naik Rakit Atau Berputar Arah Sejauh 30 KM

“DPD RI tetap konsisten mendukung pemekaran dan meminta moratorium itu dicabut.," ucap Wakil Ketua DPD RI Akhmad Muqowwam.

"Sebab, dasar penataan daerah itu perintah UU Nomer 23 tentang Pemda, PP penataan daerah dan PP tentang Desain Besar Penataan Daerah yang masih di meja Wapres, selaku Ketua DPOD dan belum disahkan,” lanjut Akhmad Muqowwam.

Akhmad Muqowwam menegaskan bahwa Komite I DPD RI bersama dengan FORKONAS, Delegasi Calon Daerah Otonomi Baru CDOD berjuang bersama rakyat dalam menuntut Hak Konsitusional.

"Selama ini akan terus berjuang bersama rakyat, ini yang kita tuntut Hak Konstitusional, mendekatkan pelayanan Pemerintah, Pemerataan pembangunan daerah rentan kendali induk yang sangat jauh, sudah diperjuangkan," tegas Muqowwam.

Delegasi Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Forum Koordinasi Nasional (FORKORNAS ) CDOB Se-Indonesia dan Komite I DPD RI lakukan aksi di depan Komplek Istana dan Monas, Jakarta, Senin (24/9/2018) / Rapik Utama.

Sama halnya dengan Ketua Komite I, Benny Rhamdani yang juga membenarkan mengenai agenda tersebut.

“DPD RI terus berjuang agar 173 usulan pemekaran yang meliputi 16 DOB Provinsi dan 157 DOB Kabupaten / Kota itu terwujud,” ucap Benny Rhamdani.

BACA JUGA : 2 Desa Perbatasan 2 Kecamatan di Sukabumi Butuh Jembatan

Benny juga mengungkapkan bahwa DPD sudah melakukan rapat kerja dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) beberapa kali mengenai hal tersebut, Komite I DPD RI juga sudah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, selaku Ketua DPOD, serta sudah menggelar Konsolidasi Nasional dan pertemuan nasional tentang Daerah Otonomi Baru (DOB).

Namun meski begitu, dasar hukum dari pemekaran daerah belum juga diterbitkan yaitu PP tentang Penataan Daerah dan Desain Besar Penataan Daerah.

Alie Agus, salah satu peserta aksi yang berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Gunung Mas mengungkapkan kepada TatarSukabumi.ID harapan dan desakan kepada Pemerintah agar segera menindak lanjuti CDOB.

BACA JUGA : 5 Bulan Rusak, Jembatan Gantung di Sukabumi Terabaikan

"Di Kabupaten saya terdapat 12 kecamatan, adapun Presidium Runang Manuhing diambil dari nama pembatas anak Sungai antara 2 kecamatan Kabupaten Gunung Mas. Jumlah perwakilan yang ikut 200 Orang. Perjuangan Pemekaran wilayah mulai digagas sejak dari tahun 2011 ," pungkas Alie singkat sambil ikut mendengarkan orasi.

Perlu untuk diketahui, saat ini kurang lebih hampir 1.600 massa dari berbagai Provinsi seluruh Indonesia tengah melakukan aksi terkait dengan CDOB di depan Istana Negara, Senin (24/9/2018).

Hadir juga ratusan delegasi yang berasal dari Provinsi Jawa Barat yang juga bagian dari Kabupaten Sukabumi yang menyuarakan agar Pemerintah segera membuka keran Pemekaran Daerah.

Reporter : Rapik Utama
Editor : Ardi Kusuma(*)
Delegasi CDOB Sukabumi dan 1.600 Orang dari Berbagai Provinsi Desak Pemerintah Segera Buka Pemekaran Daerah Delegasi CDOB Sukabumi dan 1.600 Orang dari Berbagai Provinsi Desak Pemerintah Segera Buka Pemekaran Daerah Reviewed by Tatar Sukabumi on Senin, September 24, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads