Header AD

Areal Pertanian di Cicurug Terancam Kekeringan, Petani Alih Profesi

TatarSukabumi.ID - Sejumlah petani di wilayah Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, ramai-ramai beralih profesi menjadi buruh serabutan.


Mereka terpaksa bantingstir mata pencaharian lantaran puluhan hektare sawah diwilayahnya kering nyaris tidak bisa ditanami akibat dampak musim kemarau.


BACA JUGA : Penambang Emas Liar Jarah Taman Nasional Gunung Halimun Salak


Pepen Supendi (50) salah seorang Petani warga Kampung Tenjolaya, Cisaat, Cicurug ini, mengaku setidaknya 20 hektare areal pesawahan di wilayahnya terdampak akibat musim kemarau, Petani tidak bisa menanam padi karena lahan Pesawah kini dibiarkan kering ditumbuhi rumput dan ilalang.


“Ya mau gimana lagi, kebanyakan petani beralih profesi menjadi buruh serabutan, ngojek, buruh bangunan apa saja untuk menutupi kebutuhan rumah tangga,” ungkap Pepen, Kamis [6/9/2018].


BACA JUGA : Sukabumi dan Beberapa Daerah di Jawa Barat Terancam Mati Lampu


Kondisi seperti ini seolah menjadi kejadian rutin tahunan, Petani beralih menjadi buruh serabutan setiap dilanda musim kemarau bahkan kemarau saat ini berdampak langsung kepada masyarakat dengan kesulitannya mendapat air bersih bagi kebutuhan rumah tangga.


Warga setempat yang mengaku untu memenuhi kebutuhan air bersih, terpaksa harus mengambil dari sumber mata air yang berjarak mencapai 2 kilo meter dari pemukiman.


BACA JUGA : Harga Tiket Kereta Api Pangrango Sukabumi-Bogor Naik


Menanggapi kemarau ini, Kades Cisaat, Nanak Sukron angkat bicara, "Saya ibaratkan ayam mati di lumbung padi. Sebab warga saya harus bersusah payah guna mendapatkan air bersih. Kami berharap Pemkab segera mencarikan solusi agar sumber air dapat dinikmati warga,” tukasnya.


Menurut Nanak Sukron, kebutuhan akan air bersih bisa terpenuhi karena di Desanya banyak memiliki sumber air tinggal upaya Pemerintah untuk bisa membuat sarana dan prasarana penunjang bagi warga. (*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Areal Pertanian di Cicurug Terancam Kekeringan, Petani Alih Profesi Areal Pertanian di Cicurug Terancam Kekeringan, Petani Alih Profesi Reviewed by Tatar Sukabumi on Kamis, September 06, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads