Header AD

Kabupaten Sukabumi Mulai Hapuskan Pelayanan Kesehatan Gratis Jaminan Persalinan

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.
TatarSukabumi.ID - Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam waktu dekat ini akan menghapus pelayanan kesehatan gratis dalam bentuk Jaminan Persalinan (Jampersal).

Hal tersebut dilakukan karena adanya keterbatasan anggaran dana Jampersal yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun anggaran 2018.

BACA JUGA : Rumah Warga Ini Hampir Roboh dan Sering Mengungsi Saat Hujan

Melalui surat pemberitahuan bernomor 440/5631/Dinkes/2018, Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi menyampaikan hal tersebut kepada seluruh instansi pemberi layanan kesehatan termasuk Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.

Kepala Bidang Tata Usaha Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kabandungan, Dewi Tresnaningsih kepada TatarSukabumi.ID membenarkan hal tersebut, Kamis (30/8/2018)

"Ya, kami baru menerima surat pemberitahuan terkait dengan penghapusan Jampersal hari ini, namun masyarakat diharap tidak perlu khawatir," tutur Dewi.

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.
"Untuk situasi darurat gunakan Jamkesda dengan memperhatikan data base, misalnya ibu hamil yang akan melahirkan mendadak dapat menggunakan seperti yang umum, untuk ibu hamil dalam usia kehamilan 5 bulan ke atas daftarkn JKN PBI APBD (BPJS nya dibayar oleh pemda)," imbuh Dewi.

"Pemanfaat layanan ini adalah rumah tangga miskin dengan persyaratan sama dengan Jamkesda bagi yang sudah terdaftar dalam data base masing-masing desa, karena yang terdaftar dalam data base belum tentu terdaftar dalam Jaminan Kesehatan Nasional PBI (JKN PBI), Jika yang belum terdaftar maka harus mendaftar." lanjut Kabid Tata Usaha Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kabandungan.

BACA JUGA : Memancing dengan Sang Ayah, Pemuda Tenggelam di Pantai Cikepuh

"Proses pendaftaran dengan persyaratan diataranya harus melalui survey dari tim bersama TKSK Kecamatan, melengkapi dokumen kependudukan Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, rekomendasi Dinsos, dan buku Kesehatan Ibu dan Anak proses selanjutnya diajukan kepada Dinas Sosial Kabupaten, pemberlakuan JKN PBI APBD sama dengan JKN Mandiri selama 14 hari setelah pendaftaran dinyatakan berhasil," jelasnya.


Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.
"Kami sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh Bidan Desa supaya mendata ibu hamil terutama RESTI (Resiko Tinggi) dan kerjasama dengan Puskesos Desa untuk proses pembuatan kartu JKN PBI APBD, salah satu kendala yang dihadapi selama ini  masih kurangnya perhatian warga akan pentingnya administrasi kependudukan seperti KTP dan KK, sedangkan kedua hal tersebut syarat mutlak untuk mendapatkan pelayanan tersebut,"pungkasnya.

Reporter : Asep M Rhe / Editor : Ardi Kusuma

(*)
Kabupaten Sukabumi Mulai Hapuskan Pelayanan Kesehatan Gratis Jaminan Persalinan Kabupaten Sukabumi Mulai Hapuskan Pelayanan Kesehatan Gratis Jaminan Persalinan Reviewed by Tatar Sukabumi on Kamis, Agustus 30, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads