Header AD

Kabandungan Sukabumi Terancam Krisis Air Bersih

TatarSukabumi.ID - Akibat kemarau panjang warga Kampung Tanjakan Limus, Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Sukabumi harus ber pagi-pagi buta mengantri di sumber mata air yang berasal dari rimbunan pohon bambu.


Salah seorang warga, Iin Karlina (35) kepada TatarSukabumi.ID, menuturkan,"sumber mata air yang dijadikan tempat penampungan air itu berupa kolam kecil sederhana namun sumber mata airnya jernih biasa dipergunakan untuk kebutuhan konsumsi sedikitnya 15 kepala keluarga setempat," tutur Iin Karlina.


BACA JUGA : Serikat Petani Indonesia : 5 HGU dan 2 HGB Masih Menuai Konflik di Sukabumi


Musim kemarau yang hampir memasuki bulan ke-3 menjadikan sumber mata air tersebut menjadi fasilitas vital bagi warga setempat, pasalnya sejak dilanda kemarau, pasokan air pipanisasi Desa tidak lagi bisa didistribusikan kesetiap rumah warga karena debit air mengalami penurunan yang cukup drastis.


Air bersih yang bersumber dari rumpun pohon bambu dipergunakan warga untuk kebutuhan konsumsi air minum, sementara untuk kebutuhan mandi cuci kakus (MCK) warga menggunakan aliran sungai.


"untuk mendapatkan air bersih kami harus bergantian, bahkan harus pagi buta kami sudah mengantri, sedang untuk kebutuhan mencuci dan lainnya kami ke sungai saja," imbuh Iin.


BACA JUGA : Bengkoang Raksasa Ditemukan di Sukabumi


Warga mengaku, sejauh ini, masalah kekurangan air bersih yang dialami warga Tanjakan Limus belum mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat meski saat ini sumber mata air masih bisa dipergunakan namun warga merasa khawatir akan kebutuhan air bersih.


“Dengan adanya sumber mata air ini kebutuhan akan air bersih masih tercukupi walaupun kami harus antri, kami khawatir jika kemarau semakin panjang debit air akan berkurang.” pungkas Iin.(*)


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Kabandungan Sukabumi Terancam Krisis Air Bersih Kabandungan Sukabumi Terancam Krisis Air Bersih Reviewed by Tatar Sukabumi on Selasa, Agustus 28, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads