Header AD

Akibat Musim Kemarau, Peternak Kambing di Sukabumi Susah Merumput

TatarSukabumi.ID - Peternak kambing di sejumlah Desa se-Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, mengalami kesulitan rumput bagi pakan ternak sejak tiga bulan terakhir.


Rumput di ladang tempat penggembalaan Kambing mulai langka akibat kemarau, kondisi ini mulai merata dirasakan di wilayah Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat.


BACA JUGA : Kebakaran Melanda 4 Rumah di Sukabumi, 1 Korban Tewas Terbakar


Menurut sejumlah Peternak, musim kemarau berkepanjangan ini membuat rumput susah didapat, terlebih Peternak Kambing di Kabandungan masih menggunakan metode konvensional mencari pakan alami bagi pakan hewan peliharaannya.


“Sudah dua bulan terakhir betul-betul sulit mencari pakan ternak alami, sebab rumputnya sudah mengering,” ujar Ipin, peternak kambing asal Desa Cipeuteuy, Minggu (26/8/2018).


BACA JUGA : Rayakan HUT Slank, Selisih Paham Berujung 5 Jahitan di Kepala


Lebih lanjut Ipin mengungkapkan, kalaupun peternak mencari rumput, hasilnya tidak akan sebanyak saat musim hujan, persediaan pakan alami sudah sangat terbatas, “untuk nencukupi 10 ekor kambing saat kondisi normal hanya butuh 1-2 jam, tapi saat ini harus setengah harian," jelas Ipin.


Namun sejauh ini, Kemarau tidak berpengaruh pada kondisi kesehatan hewan ternak, bahkan dimusim kemarau kambing cenderung bertambah sehat, “Biasanya saat pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke kemarau justru banyak kambing yang sakit hingga mati,” ujar Ipin.


Walau dalam kondisi susah untuk mendapat kan pakan alami yang segar, kondisi ini tidak berpengaruh pada harga jual kambing, "untuk harga jual kambing masih seperti biasa, tidak ada pengaruh kenaikan atau penurunan harga," pungkasnya.(*)


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Akibat Musim Kemarau, Peternak Kambing di Sukabumi Susah Merumput Akibat Musim Kemarau, Peternak Kambing di Sukabumi Susah Merumput Reviewed by Tatar Sukabumi on Minggu, Agustus 26, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads