800 Narkoba Jenis Baru di Dunia, 95 Jenis Telah Beredar di Indonesia

Rabu, 22 Agustus 2018 - 00:00 WIB

800 Narkoba Jenis Baru di Dunia, 95 Jenis Telah Beredar di Indonesia
800 Narkoba Jenis Baru di Dunia, 95 Jenis Telah Beredar di Indonesia

TatarSukabumi.ID - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sukabumi mengadakan kegiatan asistensi penguatan pembangunan berwawasan anti narkoba dilingkungan masyarakat bertempat di Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi, Kamis [9/8/2018].


Kepala BNNK Sukabumi
AKBP Deni Yus Danial.,S.IP.,MH dalam pemaparan materi asistensi penguatan pembangunan berwawasan anti narkoba dilingkungan masyarakat menjelaskan, "Bahaya Narkoba adalah tanggung jawab kita bersama sebagai anak bangsa Indonesia. Hasil data survei dari pusat 2017 angka penyalahgunaan narkoba yaitu 3.376.115 pada kelompok usia 20-50 tahun dan banyak terjadi dilingkungan pekerja," ujar AKBP Deni Yus Danial, Kamis [9/8/2018].


BACA JUGA : Kedapatan Miliki Ganja, Pria Warga Palabuhanratu Dicokok di Kediamannya


"Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyatakan perang besar terhadap Narkoba, Bangsa kita sedang situasi darurat narkoba, jangan sampai warga masyarakat banyak menjadi korban. Korban setiap harinya mencapai 30 orang, hal ini banyak yang tidak percaya, bahaya narkoba bisa akibatkan kematian," ujar Kepala BNNK Sukabumi.


Deni Yus Danial dalam pemaparan materinya menegaskan, pernyataan perang terhadap Narkoba oleh Presiden adalah upaya besar untuk menyelamatkan generasi bangsa, "Harus terus kita dorong bersama-sama  program P4GN ( penanggulangan dan pencegahan peredaran Narkoba) khususnya diwilayah Sukabumi," tandas Deni Yus Danial.


BACA JUGA : Tidak Hanya Jual Miras, Warung Nakal di Cibadak Sediakan Jasa Layanan Wanita


Jenis narkoba baru dari data UNODC
New designer drugs/ New psychoactive Substante (NPS) ditingkat global mencapai 800 jenis NPS, di Asia 150 jenis, dan di Indonesia berdasarkan Permenkes nomor 20 tahun 2018 terdapat 95 jenis NPS yang telah masuk Indonesia, dengan rincian 89 NPS golongan 1, serta 5 NPS masuk golongan 2 dan 1 masuk golongan 3.


Acara ini dihadiri oleh Staf dari BNN provinsi Jawa barat, unsur pemerintah, Kader PKK, serta penggiat sosial yang konsen terhadap pemberantasan peredaran dan penggunaan Narkoba.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI