Header AD

Tidak Hanya di Kadudampit, Ternyata Warga Sukaraja Mengaku Keracunan Usai Memakan Tutut Keong

TatarSukabumi.ID - Heboh Keracunan Massal yang terjadi di Kecamatan Kadudampit Sukabumi yang diduga akibat mengkonsumsi Tutut ternyata masih berbuntut panjang.

Pasalnya, Keracunan Massal baru terungkap di Kampung Cikapek RT 5/ RW 6, Desa Sukamekar Kecamatan Sukaraja, Jumat [27/7/2018].

BACA JUGA : Kasus Keracunan di Beberapa Kota Diduga Usai Konsumsi Tutut, Inilah Fakta Tentang Tutut Keong Sawah

Hal ini terungkap saat Kepala Desa Sukamekar Ernalia melakukan peninjauan kepada warganya, Orang tua Korban keracunan mengungkapkan jika anaknya mengalami gejala keracunan makanan.

Dari pantauan TatarSukabumi.ID, salah satu Korban merupakan Silvi kelas 12 Madrasah Aliyah Darul Mutaalimin bersama setidaknya 10 teman lainnya yang diduga mengalami Keracunan Makanan setelah mengkonsumsi Tutut (Keong Sawah) pada Minggu (23/7).

BACA JUGA : Trauma dan Mimpi Buruk Warga Kadudampit Sukabumi, Diduga Gara - Gara Makan Tutut Jadi Keracunan

Saat ditemui di kediamannya, Silvi mengaku sebelum mengalami gejala muntah, buang air hingga pusing dan sesak nafas setelah mengkonsumsi Tutut sekira pukul 13.00 WIB di Kobong (Ponpes)  bersama teman temannya.

Menurut Silvi selama sekolah disana tidak pernah ada penjual Tutut, "baru hari itu (Minggu) ada yang jualan dipikul, saya beli seharga 2 ribu. Jam 2 malam Senin(24) baru terasa," ujar Silvi, Jumat [27/7/2018].

BACA JUGA : DPMD Kabupaten Sukabumi Tepis Opini Tendensius, 99,8 % Desa di Sukabumi Telah Terapkan Siskeudes

Sempat dilarikan ke tim medis setempat, namun malamnya Silvi kembali mengalami sesak nafas hingga dilarikan ke RSUD R Syamsudin (Bunut) jelas Rofikoh ibunda Silvi.

Rofikoh mengaku wajah anaknya nampak kebiruan, dengan bibir pecah - pecah, saat tahu Silvi makan Tutut saya langsung bawa ke RS Hermina, lalu dibawa ke Bunut (RSUD R Syamsudin)," ujar Rofikoh.

BACA JUGA : Gelombang Tinggi Akibatkan Banjir Rob, Situasi Terakhir Palabuhanratu Malam Ini

Sementara itu, Kepala Desa Sukamekar Ernalia cukup kaget saat mengetahui warganya mengalami Keracunan, "Saya baru mengetahui, karena tidak ada laporan, saat ini saya akan langsung membuat tim untuk melakukan penyisiran warga, ditakutkan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui peristiwa ini. karena ini KLB (Kejadian Luar Biasa) saya akan menghimbau kepada masyarakat yang telah memakan Tutut untuk memeriksakan kondisi kesehatannya ke Puskesmas, tim medis atau Rumah sakit terdekat," jelas Ernalia,  Jumat (27/7/2018).

"Saya akan membuat surat kepada RT, RW, serta majlis taklim dan kepada kader PKK untuk segera melakukan sosialisasi serta melakukan upaya untuk menindak lanjuti dikhawatirkan masih ada korban yang belum mengetahui KLB ini," pungkasnya.

Reporter : Dian Syahputra Pasi

Tidak Hanya di Kadudampit, Ternyata Warga Sukaraja Mengaku Keracunan Usai Memakan Tutut Keong Tidak Hanya di Kadudampit, Ternyata Warga Sukaraja Mengaku Keracunan Usai Memakan Tutut Keong Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, Juli 27, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads