Header AD

Miris, Mantan Hansip di Sukabumi Tempati Rutilahu

TatarSukabumi.ID - Abah Asum, Lansia (78) warga Kampung Kebon Genep RT 05/08, Kadusunan Leuwi Waluh 1, Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Sukabumi, harus menerima hidup menempati rumah yang jauh dari kata layak huni.

Pasalnya, Abah Asum saat ini menempati rumah panggung dengan kondisi yang cukup memprihatinkan, dengan dinding bagian rumah yang terbuat dari anyaman bambu (bilik) yang terlihat lapuk, dengan sebagian lantai panggung sudah dimakan rayap, dan tidak memiliki saluran air untuk kebutuhan MCK.

BACA JUGA : Miris, Ibu Hamil Tua dan 4 Anak Tinggal di Rutilahu

Abah Asum merupakan mantap Hansip (Pertahanan Sipil) yang saat ini berprofesi sebagai buruh tani, mengungkapkan, "Kami sekeluarga membutuhkan bantuan dari pemerintah untuk perbaikan rumah, tidak perlu mewah tapi layak dan nyaman untuk tempat tinggal," ujar Abah Asum, Sabtu (28/7/2018).

Padahal semasa hidupnya Abah Asum lama mengabdikan diri sebagai Anggota Linmas (Hansip) di Desa Cipeteuy, selain itu Abah Asum merupakan warga yang cukup aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti dituturkan Ketua Rukun Warga (RW) setempat, Nurcahya.

BACA JUGA : 3 Tahun Rusak, TNI Bangun Bendungan dan Irigasi Warungkiara - Sukabumi

"Beberapa tahun lalu, warga dan sesepuh sempat mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah desa untuk renovasi rutilahu miliknya (Bah Asum) namun hingga saat ini belum terealisasi," ujar Nurcahya.

Ditemui terpisah, Sekretaris Desa Cipeuteuy, Asep Dian Suryana saat dikonfirmasi TatarSukabumi.ID menuturkan, "untuk saat ini pemdes sedang melakukan pendataan jumlah Rutilahu yang tersebar di-6 Kadusunan yang ada, untuk selanjutnya kami akan berupaya mencarikan sumber bantuan, sementara untuk tahun ini Pemdes baru bisa mengalokasikan dari Dana Desa untuk perbaikan Rutilahu sebanyak 6 unit," ujar Asep.

Pemdes Cipeteuy mengakui masih banyak Rutilahu yang membutuhkan bantuan untuk perbaikan, usulan program kepada pihak terkait sudah dilakukan tinggal menunggu realisasi, "kita sudah mengajukan ke Dinsos, informasi terakhir dari TKSK Kecamatan baru 2 unit yang sudah di verifikasi atas nama Ma Khomsyiah dan Bapak Eman, ini tentunya tidak akan mencukupi dengan kebutuhan Rutilahu yang ada, selain itu kami juga mencari sumber dana lainya, mencarikan donatur baik individu maupun lembaga melalui jejaring kami yang ada," Tandas Sekdes.(*)

Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Miris, Mantan Hansip di Sukabumi Tempati Rutilahu Miris, Mantan Hansip di Sukabumi Tempati Rutilahu Reviewed by Tatar Sukabumi on Sabtu, Juli 28, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads