Header AD

Liliuran Warga dan Pemdes Cipeteuy Bangun Rutilahu

TatarSukabumi.ID - Puluhan Warga Kampung Sawah, Kadusunan Leuwi Waluh 2, Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, dan Pemdes setempat melakukan liliuran (gotong royong) untuk merenovasi rumah tidak layak huni (rutilahu) milik seorang janda Lansia, Kamis [12/7/2018].

Mak Icoh (70) janda Lansia Warga Kampung Sawah RT 05/06, hidup seorang diri setelah sang suami meninggal dunia 6 tahun silam sementar 5 anak perempuannya tinggal jauh bersama keluarganya.

BACA JUGA : Miris, Wanita Paruh Baya Hidup Sendiri Huni Gubuk di Sukabumi

Lansia Mak Icoh bertahun-tahun menempati rumah yang jauh dari kata layak huni dan tidak tersentuh bantuan pemerintah hingga kondisi rumah yang dihuninya semakin mengkhawatirkan.

Kepala Desa Cipeuteuy, Tirta Jaya, mengungkapkan, "Kami mendapat laporan dari Kepala Dusun setempat bahwa ada Lansia yang tinggal di rutilahu di wilayah kadusunannya, kami segera merespon untuk menindaklanjutinya” kata Tirta saat dikonfirmasi TatarSukabumi.ID dikantornya, Kamis [12/7/2018].

BACA JUGA : 2 Rumah Dilalap Api, Seorang Lansia Tewas Terbakar

Dengan Dana Desa (DD), Pemerintah Desa Cipeteuy mengalokasikan dana untuk perbaikan Rutilahu ditahun 2018, "Jumlah ini tentunya tidak mencukupi dengan kebutuhan rutilahu yang ada saat ini. Tidak hanya mengandalkan dana DD, kami terus berupaya mengajukan permohonan perbaikan rutilahu ini baik dengan dinas terkait, individu, lembaga, kami optimalkan jejaring kami, dengan demikian semoga saja rutilahu di desa kami dapat teratasi," harap Tirta.

Melihat kondisi rumah Mak Icoh yang sangat memprihatinkan, warga beserta pemerintah desa memutuskan untuk melakukan renovasi secara liliuran, “Saat ini pemerintah desa hanya memberikan bahan material bangunan saja, untuk material lainnya kayu, bambu, dan tenaga kerja, warga dengan sukarela berkonstribusi," jelas Kades.

BACA JUGA : Korban Keracunan Massal di Sukabumi Bertambah, Kini Jumlah Korban Mencapai 19 Orang

Di temui di lokasi pembangunan rutilahu, Kepala Dusun, Priyatna menuturkan, "Kami atas nama keluarga MaK Icoh berterima kasih kepada aparatur Pemerintah Desa Cipeuteuy dan masyarakat yang telah membantu memperbaiki rumah lansia ini, semoga kontribusi yang telah disumbangkan menjadi catatan amal kebaikan,” harap Priyatna.

"Meskipun dana rutilahu tahun ini terbatas, namun pihak desa berusaha memperbaiki rutilahu tersebut, dengan mencari sumber pendanaan lain," pungkasnya.(*)

Kontributor : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Liliuran Warga dan Pemdes Cipeteuy Bangun Rutilahu Liliuran Warga dan Pemdes Cipeteuy Bangun Rutilahu Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, Juli 13, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads