Header AD

DPMD Kabupaten Sukabumi Tepis Opini Tendensius, 99,8 % Desa di Sukabumi Telah Terapkan Siskeudes

TatarSukabumi.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi melakukan Monev dalam rangka capaian realisasi anggaran tahap I dan Tahap II dibeberapa Desa se-Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi.

Acara dihadiri Jajaran Muspika Cireunghas, Pemerintahan Desa, BPD yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Tegal Panjang, Cireunghas Kabupaten Sukabumi, Kamis [26/7/2018].

BACA JUGA : Target Nasional RPJMN Hingga Tahun 2019 Kabupaten Sukabumi 0 Persen Kumuh

Beberapa isu beredar mengenai beberapa permasalahan Desa, Kepala Bidang Aset dan Keuangan Desa DPMD Kabupaten Sukabumi menjelaskan, " Monev ini dilakukan sebagai wujud implementasi sesuai Visi dan Misi Kabupaten Sukabumi dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan profesional, bukan untuk menjustifikasi pihak Desa, namun DPMD akan terus berupaya melakukan bimbingan agar terbentuk tata kelola Desa yang lebih profesional," ujar Ahmad Mujadid yang kerap disapa Adid, Kamis [26/7/2018].

Adid menjelaskan, salah satu capaian yang telah dilakukan oleh Desa adalah Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang menjadikan Kabupaten Sukabumi menjadi urutan teratas dalam Tata Keuangan Desa ditingkat Nasional, "Tahun 2016 hanya 3 Desa yang menggunakan Siskeudes online, namun hingga saat ini telah 99,8% dari 381 Desa telah berhasil mengunakan Siskeudes, hanya 2 Desa yang belum itupun karena terbatas koneksi internet diwilayahnya," beber Adid.

BACA JUGA : Moratorium Beberapa Wilayah di Kabupaten Sukabumi Dilarang Didirikan Peternakan Ayam

Menanggapi isu mosi ketidak percayaan Masyarakat kepada Pemerintah Desa Adid mengungkapkan, "Semuanya telah tersistem, kami melakukan Monev justru untuk menepis isu diluaran yang terkadang terlalu tendensius, saat ini kita melakukan monitoring, mengumpulkan data data sesuai fakta dan bukti dilapangan, jadi jangan hanya opini dan asumsi saja," tutur Adid.

"Kita saat ini sedang melakukan pengecekan rekening koran diseluruh desa se-kecamatan Cireunghas, dan hingga saat ini belum ada temuan mendasar. Makanya kami langsung turun kelapangan tidak hanya menerima laporan saja,jadi semuanya terang benderang." tandasnya.(*)

Reporter : Dian Syahputra Pasi

DPMD Kabupaten Sukabumi Tepis Opini Tendensius, 99,8 % Desa di Sukabumi Telah Terapkan Siskeudes DPMD Kabupaten Sukabumi Tepis Opini Tendensius, 99,8 % Desa di Sukabumi Telah Terapkan Siskeudes Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Juli 26, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads