Header AD

7 Fenomena Luar Angkasa Sepanjang Bulan Juli 2018

TatarSukabumi.ID - Sepanjang Bulan Juli tahun 2018 ternyata banyak hal yang menarik untuk diamati di luar angkasa.

Selain fenomena Gerhana Bulan total terpanjang dalam 10 tahun terakhir yang diperkirakan akan terjadi pada 28 Juli mendatang, beberapa peristiwa langit lain juga akan terjadi pada bulan Juli tahun ini.

Berikut 7 peristiwa luar angkasa serta fenomena Gerhana Bulan terpanjang yang diperkirakan akan terjadi selama 1 Jam 43 menit yang berhasil dirangkum TatarSukabumi.ID dari berbagai sumber.

BACA JUGA : 27 Juli 2018, Fenomena Gerhana Bulan Istimewa Setelah Super Blue Blood Moon

1. Bulan dan Planet Mars Berdampingan

Pada 1 Juli 2018, Bulan akan berada di titik konjungsi dengan Mars, peristiwa langit ini membuat Bulan dan Mars tampak berdampingan dengan Planet Mars dalam pandangan dari Bumi yang berada sejauh 4°46' di utara Bulan.

2. Penomena Aphelion

Pada 6 Juli 2018, merupakan jarak terjauh yang dicapai Bumi dalam orbit elipsnya mengelilingi Matahari.

Aphelion dicapai Bumi tepat pukul 23:48 WIB, dimana Bumi berada pada jarak sejauh 1,02 AU (1 AU = 150 juta Kilometer).

3. Hujan Meteor Kaprikornid

Pada 8 Juli 2018 akan terjadi Hujan Meteor Kaprikornid, yang termasuk dalam hujan meteor minor, yaitu hujan meteor dengan intensitas kecil yang puncaknya akan terjadi pada 8 Juli 2018.

BACA JUGA : 5 Kali Gempa Goncang Sukabumi, Ternyata Disini Pusat Gempanya

Sesuai namanya, hujan meteor ini akan bertitik radian di Rasi Bintang Capricornus, sekitar 5 meteor per jam pada puncaknya, serta tidak butuh teleskop untuk mengamatinya, hanya perlu pandangan langit yang luas serta cuaca cerah.

4. Gerhana Matahari Parsial

Pada 13 juli 2018 diperkirakan Gerhana Matahari parsial terjadi, sayangnya masyarakat Indonesia tidak bisa menyaksikan fenomena ini.

Hanya 3 wilayah yang akan mengalami peristiwa ini, yakni Antartika bisa melihat 23% wajah Matahari tertutup Bulan, sebagian kecil wilayah selatan Australia 6% dan Selandia Baru 5%.

5. Jarak terdekat Planet Mars dengan Bumi

Pada 27 juli 2018 Planet Mars -Bumi - dan Matahari berada dalam satu garis lurus bidang Tata Surya, hal ini merupakan fenomena dimana Planet Mars akan mencapai jarak terdekat dengan Bumi sepanjang tahun ini.

6. Gerhana Bulan Total

Dari semua peristiwa langit yang terjadi pada bulan Juli 2018 adalah Gerhana Bulan Total yang diperkirakan terjadi pada 28 Juli 2018.

Kita yang berada di indonesia sangat beruntung karena berada pada sisi malam saat gerhana terjadi, sehingga kita semua berkesempatan untuk mengamatinya.

BACA JUGA : 27 Juli 2018, Fenomena Gerhana Bulan Istimewa Setelah Super Blue Blood Moon

Gerhana Bulan total ini bisa diamati mulai pukul 00:15 WIB, ketika Bulan memasuki bayangan Penumbra Bumi.

Gerhana total diperkirakan akan dimulai pada pukul 02:30 WIB, ketika Bulan sepenuhnya sudah memasuki bayangan umbra Bumi.

Selanjutnya, puncak gerhana akan terjadi pukul 03:22 WIB dan akan berakhir pukul 04:13 WIB.

7. Hujan Meteor Delta

Hujan Meteor Delta Akuarid akan terjadi 29 Juli 2018, Hujan meteor dengan titik radian di rasi bintang Akuarius, hujan meteor ini mengalami puncaknya setiap tanggal 29 Juli.

Pada peristiwa puncak, kita bisa mengamati hujan meteor hingga 20 meteor/jam.

Pengamatan bisa dilakukan mulai tengah malam hingga menjelang Matahari terbit, dan bisa diamati dengan mata telanjang jika cuaca langit cerah.(*)

Penulis : Rudi Imelda / Editor : Dian Syahputra Pasi

7 Fenomena Luar Angkasa Sepanjang Bulan Juli 2018 7 Fenomena Luar Angkasa Sepanjang Bulan Juli 2018 Reviewed by Tatar Sukabumi on Sabtu, Juli 07, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads