Header AD

3 Kali Jumat, Warga Gotong Royong Bangun Jalan

TatarSukabumi.ID - Warga Kadusunan Leuwi Waluh 1, melaksanakan gotong royong pembangunan akses jalan penghubung antar kampung Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Sukabumi, Jumat (27/7/2018).

Pembagunan jalan sepanjang 500 meter dengan lebar 1 meter dibangun dari dana swadaya masyarakat yang dikumpulkan melalui Kepala Kadusunan setempat.

BACA JUGA : DPMD Kabupaten Sukabumi Tepis Opini Tendensius, 99,8 % Desa di Sukabumi Telah Terapkan Siskeudes

Supriyatna, Kepala Kadusunan kepada TatarSukabumi.ID mengungkapkan, "Pembangunan jalan ini merupakan inisiatif warga, karena warga berkeinginan memiliki akses jalan yang memadai untuk menunjang kegiatan keseharian warga, warga saya menyambut baik usulan untuk pembangunan jalan ini, dengan memberikan sumbangannya baik dalam bentuk tenaga maupun material," ungkap Supriyatna, Jumat (27/7/2018).

Dari pantauan TatarSukabumi.ID dilokasi pembangunan, dengan menggunakan peralatan sederhana, palu, cangkul dan linggis warga terlihat antusias memasang bongkahan batu disepanjang jalan dan mengangkut material batu belah.

Akses Jalan penghubung Kampung Pasir Kanang dan Dramaga, selain akses menuju perkampungan warga, jalan ini juga merupakan akses menuju lahan pertanian, selama 3 kali Jumat warga melakukan gotong royong saat ini telah terpasang 25%.

BACA JUGA : BPIP Dimata Reni Marlinawati

Kadus berharap peranserta bantuan Pemdes untuk memfasilitasi transportasi pengangkutan material batu belah dari sumber material menuju ke lokasi pembangunan jalan, "mudah-mudahan dari Pemerintah Desa bisa membantu untuk pengangkutan material batu," harapnya.

Nurcahya warga Dramaga mengutarakan, "gotong royong merupakan nilai budaya warga sini sejak lama ada, selain untuk ajang silaturahmi dan mempererat persaudaraan, dapat mempercepat setiap pekerjaan yang berkaitan dengan kepentingan umum," katanya.

Harapan senada juga disampaikan Supardi, warga lainya. Dirinya berharap aksi gotong royong membangunan jalan tidak hanya dilakukan sesaat, tetapi bisa berkelanjutan dimasa yang akan datang. "kerusakan jalan harus menjadi perhatian pemerintah. Masyarakat berpartisipasi dengan gotong royong," ujar Supardi.(*)

Kontributor : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

3 Kali Jumat, Warga Gotong Royong Bangun Jalan 3 Kali Jumat, Warga Gotong Royong Bangun Jalan Reviewed by TatarSukabumi.ID on Jumat, Juli 27, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads