Header AD

Lahan Pertanian di Kota Sukabumi Semakin Menyempit


TatarSukabumi.ID - Pertanian merupakan salahsatu usaha penggerak ekonomi warga masyarakat disebagian wilayah Sukabumi, meski saat ini banyak terdapat alih fungsi lahan pertanian menjadi industri atau properti perumahan di beberapa wilayah Kabupaten Sukabumi.

Salah satu lahan pertanian yang masih tersisa diantaranya berada di Kampung Sawahbera Kidul Kelurahan Dayeuh Luhur Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi.

BACA JUGA : Petani Cabai Sukabumi Meradang, Terancam Gagal Panen Terpaksa Panen Dini

Harga sawi hijau (caisim) di pasar pasundan atau gudang kota sukabumi bisa diterima kisaran Rp.5.000,- rupiah per kilogramnya, ada kalanya sebelum panen pun sudah ada tengkulak yang datang ,"

Adalah Iyus (55) petani tanaman sayuran jenis sawi hijau (caisim) saat ditemui sedang melakukan aktivitas penyiraman secara manual dilahan pesawahan, mengungkapkan, "Harga sawi hijau (caisim) di Pasar Pasundan atau Pasar Gudang Sukabumi bisa diterima kisaran 5 ribu rupiah perkilogramnya, ada kalanya sebelum panen pun sudah ada tengkulak yang datang," ujar Iyus, Kamis [7/6/2018].

BACA JUGA : Petani Sukabumi Menjerit Tidak Terima THR, Gara-gara Harga Anjlok

Dengan lahan berukuran lebar 15 dan panjang 30 meter persegi Iyus bisa menghasilkan sawi hijau sebanyak 1 ton, "waktu tanam hingga panen sayur caisim itu selama 22 hari, kadang bisa lebih sebulan bila mulai dari benih (ngipuk), jelas Iyus.

Iyus mengaku selalu menggunakan pupuk organik ketimbang penggunaan pupuk toko, selain lebih berat,  penggunaan pupuk organik membuat tanaman jarang terkena hama, saat ditanya modal pertanian sawi hijau, berceloteh, "agh tara diitung - itung ( tidak pernah diperhitungkan )," ucapnya.

Sarip (50) penjual keliling sayuran mengaku harga kebutuhan bahan pokok dan sayur dari awal Ramadhan hingga saat ini merangkak naik, "untuk harga jual sawi hijau saya jual 6 ribu perkilogram," ungkapnya.(*)

Reporter : Rapik Utama / Editor : Dian Syahputra Pasi

Lahan Pertanian di Kota Sukabumi Semakin Menyempit Lahan Pertanian di Kota Sukabumi Semakin Menyempit Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Juni 07, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads