Kementrian Sosial Tinjau Panti Rehabilitasi Orang Dengan HIV Kahuripan Cibadak

Kamis, 31 Mei 2018 - 00:00 WIB

Kementrian Sosial Tinjau Panti Rehabilitasi Orang Dengan HIV Kahuripan Cibadak
Kementrian Sosial Tinjau Panti Rehabilitasi Orang Dengan HIV Kahuripan Cibadak
Banner Dalam Artikel


TatarSukabumi.ID - Menteri Sosial RI Idrus Marham melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV (PSRS ODHIV) Kahuripan yang berada di Kampung Cikiwul Tonggoh, RT 01/ RW 01, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jum'at [25/5/2018].

Menteri sosial RI, Idrus Marham menyampaikan 4 Fungsi PSRS ODHIV yaitu sebagai Fungsi kesehatan, Fungsi Sosial, Fungsi Psikologis dan Fungsi pembinaan keterampilan.

BACA JUGA : Mensos Idrus Marham Kunjungi Panti Sosial Rehabilitasi Mental Aura Welas Asih Sukabumi

Mensos membeberkan fungsi dari PSRS ODHIV,bahwa setiap manusia pernah melakukan kesalahan, namun harus dibuktikan jika kita bisa berubah menjadi lebih baik dan bisa kembali diterima ditengah masyarakat, setelah keluar dari Panti ini harus lebih percaya diri, jangan berputus asa, dan dengan pembinaan keterampilan selama di Panti diharapkan bisa menjadi bekal keterampilan, untuk permodalan pemerintah akan membekalinya.

Sementara itu, Dirjen Rehsos Kemensos RI, Edy Suharto dalam pengarahannya mengungkapkan, PSRS ODHIV Kahuripan Sukabumi didirikan tahun 2017 atas Inisiasi Mensos RI, Khofifah Indar Parawansa dalam rangka implementasi dari UU No 23 th 2014 tentang pemerintah daerah, dimana UU tersebut mangamanatkan tanggung jawab pelaksanaan rehabilitas sosial bagi ODHA termasuk Napza, sebagai tanggung jawab Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Sosial.

BACA JUGA : Pemda Kabupaten Sukabumi Seolah Abaikan Keputusan Mahkamah Konstitusi Terkait PT SCG

Menurut Edi Suharto, PSRS ODHIV juga dibangun di Medan dan Ternate hasil alih fungsi dari yang sebelumnya panti disabilitasi, sedangkan PSRS ODHIV Kahuripan dinaikan statusnya dari rumah perlindungan Sosial ODHA menjadi PSRS ODHIV.

Pengelola PSRS ODHIV Kahuripan terdiri dari 46 pengurus, 18 PNS dan 28 tenaga kerja kontrak, dengan target sasaran timbulnya kemandirian bagi penerima manfaat (ODHIV) untuk memulai kehidupan baru di masyarakat, meningkatkan imun (Daya tahan tubuh), meningkatkan pemahaman pola hidup sehat dan memiliki skill serta keterampilan di bidang usaha ekonomi produktif.

Kunker Kemensos dengan mengusung tema 'Mari wujudkan disiplin, bersinergi, berkinerja, dan bermartabat, Melayani tanpa Diskriminasi' juga dihadiri Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sarjono, Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan jajaran Muspida Kabupaten Sukabumi.(*)

Reporter : Isep Panji / Editor : Dian Syahputra Pasi



Close Ads X