Header AD

Terkait Miras Oplosan, Ribka Tjiptaning : Ini Tanggung Jawab Pemerintah


TatarSukabumi.ID - Sosialisasi pencegahan pengendalian penyakit tidak menular melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) digelar di Aula kantor Desa Bojongraharja Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, Rabu (11/4/2018).

Nara sumber Ribka Tjiptaning anggota Komisi-IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan mengungkapkan, "Sebagai perwakilan dari Ko/Kab Sukabumi adalah tanggung jawab saya, walaupun dalam anggaran kesehatan kecil. Warga Sukabumi harus cerdas, saat ini kematian bukan karena penyakit menular justru tidak menular (jantung,kanker) ditambah dengan pola hidup sehari-hari sudah bergeser," jelas Ribka.

BACA JUGA : Pemda Sukabumi Himbau Masyarakat Cerdas Gunakan Obat

"Kita harus membiasakan melaksanakan aktivitas jalan, pola makan sehat.
Gerakan makan buah bersama," Pesan Ribka dalam sambutannya.

Saat ditemui TatarSukabumi.ID usai acara, terkait miras oplosan yang merenggut puluhan korban di Kabupaten Sukabumi, Ribka angkat bicara, "ini tanggungjawab pemerintah, seperti Autan tidak boleh di salahgunakan, ataupun obat lainnya bila pemakaiannya berlebihan bisa berbahaya," ucap Ribka.

Menurut Ribka, kinerja BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) harus bekerja lebih maksimal dalam pengendalian bahan toko kimia, "Kita Juga terus mengkritisi seperti makanan dalam kaleng, jangan sampai ketika banyak kasus mulai rame," ucap Bripka.

BACA JUGA : Geger ! 5 Tewas dan Puluhan Lainnya Jadi Korban Miras Oplosan di Palabuhanratu -Sukabumi

Sementara itu Dinas Kesehatan Provinsi Jawa barat dr. Iman memaparkan, "Dari data perubahan beban penyakit tahun 2018 adalah penyakit stroke sebanyak 21,1% yang kedua adalah Jantung koroner," ungkap Iman.

Menurut dr. Iman, Fakta gangguan penglihatan di Indonesia menurut riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2013-2016 mencapai satu juta orang warga Indonesia mengalami gangguan penglihatan.

BACA JUGA : Seorang Pelajar Tewas Akibat Miras Oplosan di Palabuhanratu

Pembiayaan pelayanan kesehatan melalui BPJS kesehatan hingga Januari 2015, BPJS sudah mengeluarkan 4,25 triliun.

Pemerintah pusat keluarkan Inpres no.1 tahun 2017 gerakan masyarakat hidup sehat ( germas), Arahan Wapres menyusun kerangka bekerja dalam melaksanakan pesan membalikkan paradigma pembangunan kesehatan dari kuratif rehabilitasi, Peran tanggung jawab Pemda untuk bisa melakukan deteksi dini di komunitas yang dilaksanakan oleh masyarakat (Posbindu, Posyandu, Poskesdes).

Reporter : Rapik Utama / Editor : Dian Syahputra Pasi

Terkait Miras Oplosan, Ribka Tjiptaning : Ini Tanggung Jawab Pemerintah Terkait Miras Oplosan, Ribka Tjiptaning : Ini Tanggung Jawab Pemerintah Reviewed by Tatar Sukabumi on Rabu, April 11, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads