Header AD

Diduga Pakai Ijazah Palsu, Warga Protes Kades Terpilih di Cianjur


TatarSukabumi - Cianjur, Puluhan massa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Bersatu Desa Mangunjaya, Geruduk Kantor Desa Wangunjaya, Kecamatan Agrabinta,  Kabupaten Cianjur, Kamis [5/4/2018].

Aksi ini merupakan bentuk protes warga yang ditunjukan kepada pemerintahan Kecamatan Agrabinta, dipicu adanya dugaan Kepala Desa terpilih yang melakukan kecurangan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa yang belum lama ini dilangsungkan.

BACA JUGA : Tragis Gadis Gantung Diri di Sukabumi, Inilah Tulisan Terakhirnya

Fakta-fakta yang disuarakan koordinator aksi Forum Masyarakat Desa Wangunjaya, Regi mengungkapkan, "teridikasi salah satu calon kepala desa terpilih disinyalir mengunakan ijazah milik orang lain. Berkaitan dengan hal tersebut, forum masyarakat meminta pihak muspika kecamatan Agrabinta untuk mengkoreksi dan menindak lanjuti adanya dugaan itu terhadap Kepala Desa terpilih desa Wangunjaya H. Dadang pada pilkades bulan lalu," beber Regi usai melakukan mediasi di Aula Kantor Desa Wangunjaya, Kamis [5/4/2018].

Regi menjelaskan, Kepala Desa terpilih diduga kuat telah melakukan kecurangan menggunakan ijazah orang lain, bahkan korban yang dipakai Ijazahnya oleh Kepala Desa sudah mengakui bahwa ijazahnya telah dipinjam (dipakai) sewaktu pencalonan Pilkades sebelumnya tahun 2010 silam, "Ya, ini sudah jelas-jelas menyalahi aturan yang ada. Jika pemerintahan kecamatan Agrabinta tidak menanggapi, maka  kami akan menghimpun aksi besar besaran dan menuju pemerintahan daerah kabupaten Cianjur," ancam Regi. 

Selain itu, Ketua forum masyarakat desa Wangunjaya, mengungkapkan beberapa kecurangan lain pada pelaksanaan Pilkades, "Diduga ada suara warga dari luar desa Wangunjaya, menggunakan hak pilih pada pelaksanaan Pilkades pekan lalu. Ini sagat tidak masuk diakal, kenapa warga luar desa kok bisa menggunakan hak pilih disini, padahal mereka bukan asli warga Wangunjaya. Ada apa dengan panitia Pilkades,? " ungkapnya.

BACA JUGA : Daerah Cianjur Selatan Ditempa Bencana, Korban Tewas Hingga Seminggu Belum Ditemukan

Sementara itu, Camat Agrabinta Dalu Teguh Wibowo meminta masyarakat Desa Wangunjaya khususnya yang tergabung dalam forum masyarakat bersatu agar bersabar.

Camat menegaskan, dirinya serta pihak Kapolsek dan Koramil berjanji akan berupaya menyelesaikan kisruh di Desa Wangunjaya, "Kami berjanji bakal membantu penyelesaian kisruh didesa Wangunjaya. Namun,  kami terlebih dahulu mengkoreksi apa saja yang menjadi acuan permasalahan terkait dengan dokumen yang digunakan kades terpilih. Ya, saya ingin suasana di pemerintahan kecamatan Agrabinta,  berjalan kondusif, repeh rapih, aman dan tenteram," Harap Camat.

"Jika memang Kades terlilih melakukan pelanggaran biar penegak hukum dan  Bupati yang mempunyai wewenang. Saya berharap masyarakat bisa memaklumi, " pungkasnya.(*)

Kontributor : Khoer / Editor : Dian Syahputra Pasi

Diduga Pakai Ijazah Palsu, Warga Protes Kades Terpilih di Cianjur Diduga Pakai Ijazah Palsu, Warga Protes Kades Terpilih di Cianjur Reviewed by Tatar Sukabumi on Rabu, April 11, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads