Header AD

Syarat Syarat Pelaku UMKM di Sukabumi Untuk Dapatkan Kartu BRI


TatarSukabumi.ID - Pelaksanaan Pembinaan Bimtek Kewirausahaan Sentra Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sukabumi, Jum'at [23/03/2018].

Kegiatan kewirausahaan sentra Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM dibuka oleh Kabid Sentra usaha mikro makro UMKM Nandang Sunandar.

BACA JUGA : Jalan Santai Festival Nusantara di Sukabumi Berhadiah Tiket Umroh

Di dalam sesi Dialog tanya jawab, bersama para pelaku Usaha kecil dan menengah Kasie UMKM Dinas Perdagangan Koperasi UKM Dikdik Supriyadi memaparkan,
"Kalau di Kota/ Kabupaten yang memiliki kewenangan dalam pembinaan Usaha Mikro, sedangkan di Provinsi itu memiliki kewenangan pembinaan dalam Usaha Kecil dan Pusat memiliki kewenangan Usaha Menengah, ini berdasarkan pada undang - undang," ujar Dikdik.

"Bagaimana untuk menentukan masuk ke Usaha Mikro, Kecil dan Menengah kita tinggal Kroscek yaitu dasarnya Undang Undang No 20 tahun 2008 ada didalam Pasal 6, jadi penentuan Usaha berdasarkan Aset dan Omset," tambah Dikdik.

"Apabila ada bantuan apa itu dalam bentuk pembinaan atau pinjaman tidak akan susah apabila data lengkap, apabila data tidak lengkap bagaimana mempertanggung jawabkannya dan kita memaksakan data tersebut akan berdampak menjadi masalah. Jadi, jangan sampai hal tersebut terjadi," Pungkasnya.

BACA JUGA : BUPATI SUKABUMI : Besok Lusa Saya Habisi Dinas yang Bermasalah

Kabid Sentra Perindustrian Mikro Makro UMKM, Nandang Sunandar mengungkapkan, "Izin Usaha Mikro Kecil, adanya UMK ini untuk memudahkan para pelaku Usaha bilamana diribetkan seperti dalam persyaratan. Kedepannya akan mudah tinggal memperlihatkan Kartu yang dikeluarkan oleh BRI," ungkapnya.

"Untuk mendapatkan Kartu tersebut cukup dengan mengisi formulir, Pas foto Ukuran 4 kali 6 berwarna, Surat Keterangan Usaha (SKU) dari Desa, Fotocopy KTP,  Fotocopy KK, kalau ada foyocopy NPWP. Datang ke Kecamatan Kasie Pemberdayaan atau Kasie Trantib, isi formulir, ditanda tangan, diketahui oleh Kasie Pelayanan dan Camat, dari Kecamatan bawa ke BRI nanti akan masuk ke Admin yang berada di Pusat Usaha Terpadu dikomunikasikan bersama BPKU bidang Klien," pungkasnya.

Kegiatan Kewirausahaan Sentra ditutup dengan Simbolis penyerahan Sertifikat dari Kabid Sentra Perindustrian Mikro Makro UMKM kepada beberapa Pelaku Usaha yang bergerak di bidang Konveksi dan Sablon seperti H. Endin Jaenudin, S.Pd pemilik Konveksi dan Sablon Gelar Baru yang memiliki 29 Anggota Pelaku Usaha yang beralamat di Jalan Cibolang Gardu No 94 Desa Cibatu Kecamatan Cisaat Kabupatén Sukabumi Jawa Barat.(*)

Reporter : Dasep Maulana / Editor : Dian Syahputra Pasi

Syarat Syarat Pelaku UMKM di Sukabumi Untuk Dapatkan Kartu BRI Syarat Syarat Pelaku UMKM di Sukabumi Untuk Dapatkan Kartu BRI Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, Maret 23, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads