Header AD

Partisipasi Seluruh Elemen Masyarakat Kecamatan Cibadak Dalam Pilkada 2018


TatarSukabumi.ID - Sosialisasi pengawasan partisipatif pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tahun 2018 bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Sosialisasi diadakan di Gedung BK3D Jalan raya Perintis Kemerdekaan Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Jumat [9/03/2018].

BACA JUGA : Mencari Pigur Pemimpin Jabar Zaman Now

Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dilaksanakan sebagai upaya mengajak keterlibatan seluruh elemen masyarakat se-Kecamatan Cibadak untuk terlibat dalam rangka pengawasan jalannya proses Pemilihan Umum (Pemilu) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018.

Seperti diungkapkan, Ihin Solihin Ketua Panwaslu Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi didalam sambutannya, "Sosialisasi dilaksanakan dengan melibatkan berbagai elemen, mulai dari Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Organisasi keagamaan, Organisasi kepemudaan, seluruh Panwas Kecamatan serta elemen masyarakat lainnya, adalah upaya mendongkrak partisipasi dalam rangka pengawasan Pemilu," ungkap Ihin Solihin, Jumat [9/03/2018].


"Peran dari semua elemen masyarakat sangat diharapkan dalam rangka pengawasan jalannya proses pemilu. Termasuk pemilu yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kabupaten Sukabumi dengan harapan Proses demokrasi yang akan dilaksanakan berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi, agar pemilu semakin berkualitas,” tambah Ihin Solihin.

BACA JUGA : 7 Fakta Unik Kota Sukabumi, Mulai Mak Erot Hingga Syahrini

Selain itu, sosialisasi ini juga sebagai tindakan pencegahan dari terjadinya pelanggaran-pelanggaran Pemilu di kecamatan Cibadak sehingga Pemilu dapat dilaksanakan secara aman tertib lancar, damai, Panwaslu kecamatan Cibadak  mengajak seluruh elemen masyarakat terlibat dengan harapan, pelanggaran Pemilu semakin berkurang.

"Sosialisasi bertujuan mengakomodir peran serta masyarakat luas dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu. Selain dengan membentuk berbagai regulasi terkait pengawasan pemilu, diharapkan pelanggaran pemilu semakin berkurang karena adanya kesadaran masyarakat dan peserta pemilu untuk tidak melakukan pelanggaran, sebagai suatu esensi dari paradigma pencegahan pelanggaran pemilu," beber Ihin.

BACA JUGA : Tandu Dewa Han Tan Kong dan Dewi Kwan Im Tidak Keluar Vihara Widhi Sakti Sukabumi di Acara Cap Go Meh Tahun Ini

Seluruh elemen masyarakat agar, selalu bersinergi dengan Panwaslu untuk melakukan pengawasan di setiap tahapan pengawasan pemilu.

Pentingnya pengawasan Pemilu partisipatif ini juga dipengaruhi oleh keterbatasan personal serta daya dukung dan kewenangan Panwaslu, terlebih pengawasan partisipatif akan menutupi kekurangan Panwaslu dalam mengawasi seluruh aspek dan tahapan pemilihan kedepan, maka diharapkan kepada seluruh masyarakat agar selalu bersinergi dengan Panwaslu Kecamatan Cibadak.(*)

Reporter : Isep Panji / Editor : Dian Syahputra Pasi

Partisipasi Seluruh Elemen Masyarakat Kecamatan Cibadak Dalam Pilkada 2018 Partisipasi Seluruh Elemen Masyarakat Kecamatan Cibadak Dalam Pilkada 2018 Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, Maret 09, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads