Header AD

13 Anggota Gank Motor Positif Memakai Narkoba, BNNK Sukabumi Lakukan Upaya Ini


TatarSukabumi.ID - Puluhan anggota Gank Motor diamankan jajaran Kepolisian Polres Sukabumi Kota, pada Sabtu malam (10/3/2018), dari puluhan Gank Motor yang terjaring, sebanyak 13 anggota Gank Motor positif terindikasi menggunakan Narkoba.

Ke-13 Anggota Gank Motor yang positif terindikasi menggunakan Narkoba selanjutnya diserahkan ke Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sukabumi (BNNK) untuk diproses lebih lanjut, Senin [12/3/2018].

BACA JUGA : Residivis Bandar Sabu Diciduk BNN Kabupaten Sukabumi

Nantinya, dari ke-13 orang Gank Motor yang positif menggunakan Narkoba, 6 diantaranya akan melaksanakan therapi rehabilitasi di RSUD Sekarwangi Cibadak, sementara 7 orang lainnya akan mendapatkan therapi rehabilitasi di Lensa Sukabumi.


Kepala BNNK Sukabumi AKBP Deni Yus Danial SIP. MH kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan proses Narkoba masuk ke Generasi Muda, " Penyalahgunaan Narkoba sebagian besar diawali dengan upaya coba-coba. Semakin lama pemakaian, maka risiko kecanduan semakin tinggi. Jika terus dilanjutkan, maka dosis narkoba yang digunakan juga akan semakin besar untuk mencapai kondisi yang diinginkan (teler). Hingga pada titik tak mampu melewatkan satu hari tanpa Narkoba," jelas Kepala BNNK Sukabumi.

BACA JUGA : BNNK Sukabumi Gelar P4GN Dilingkungan TNI dan PNS di Sukabumi

Menurut Kepala BNNK Sukabumi gejala yang menandakan seseorang sudah dalam tahap kecanduan yakni keinginan untuk mengkonsumsi Narkoba setiap hari bahkan beberapa kali dalam sehari, dosis yang dibutuhkan semakin lama semakin besar, hingga keinginan menggunakan narkoba tak bisa ditahan (Addict), "Pengguna juga memastikan suplai Narkoba terus tersedia dan bersedia menghabiskan uang hanya untuk membeli narkoba, bahkan rela mencuri untuk itu," Beber Deni Yus Danial.


Dari sisi sosial, pecandu Narkoba  akan menarik diri dari keluarga maupun lingkungan, terkadang lalai dalam memenuhi kewajiban seperti bekerja atau aktivitas rutin lainnya, kecenderungan lainnya adalah sering melakukan hal-hal yang berisiko membahayakan diri sendiri dan orang lain di bawah pengaruh narkoba. (seperti mengendarai kendaraan bermotor/Gank Motor).

BACA JUGA : Waspada! Terdakwa Residivis Narkoba Kabur, Kondisi Selanjutnya Seperti Ini

Dikalangan remaja, Narkoba berpengaruh pada penurunan prestasi, kehilangan energi dan motivasi, bahkan mengurung diri dan terjadi perubahan drastis dalam bersosialisasi dengan teman dan keluarga.


"Kunci keberhasilan Rehabilitasi Narkoba yaitu dengan bantuan Dokter, Psikiater ataupun Konselor khusus dibidangnya, pecandu Narkoba sering menyangkal kondisinya dan sulit diminta untuk melakukan Rehabilitasi. Biasanya dibutuhkan intervensi dari keluarga atau teman untuk memotivasi ataupun membuat pengguna Narkoba mau menjalankan Rehabilitasi," pungkas AKBP Deni Yus Danial SIP. MH. (*)

Reporter : Rapik Utama / Editor : Dian Syahputra Pasi

13 Anggota Gank Motor Positif Memakai Narkoba, BNNK Sukabumi Lakukan Upaya Ini 13 Anggota Gank Motor Positif Memakai Narkoba, BNNK Sukabumi Lakukan Upaya Ini Reviewed by Tatar Sukabumi on Senin, Maret 12, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads