Header AD

7 Fakta Unik Jelang Pencoblosan Pilkades Sukabumi , Nomor 3 Bikin Geleng Kepala

TatarSukabumi.ID - Pilkades serentak 71 Desa se-Kabupaten Sukabumi akan dilaksanakan besok, Minggu 22 Oktober 2017.

Setelah melalui beberapa tahapan, baik seleksi, wawancara dan uji kompetensi, hingga tes urine dan tes Kesehatan akhirnya gelar acara akbar ini akan dilaksanakan besok pagi.

Setelah melaksanakan kampanye secara serentak 3 hari, dan masa tenang 3 hari, Kondisi malam terakhir jelang Pilkades serentak di 71 Desa se-Kabupaten Sukabumi nampak cukup ramai di rumah calon Kades.

BACA JUGA : Pilkades Serentak Kabupaten Sukabumi Dilaksanakan Pada 22 Oktober 2017

Dari pantauan TatarSukabumi.ID di tiga Desa yang akan melaksanakan Pilkades yaitu Desa Ciengang, Buniwangi dan Desa Jambenenggang nampak persiapan panitia telah rampung 100%.

Kesiapan panitia dalam mempersiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS), persiapan seluruh kelengkapan pilkades, hingga sarana mobilisasi angkutan bagi calon pemilih.

Inilah beberapa hal unik yang berhasil dirangkum redaksi tentang Pilkades dibeberapa Desa;

1. Ramai seolah Pesta
Hal lumrah, bila malam menjelang pemilihan dirumah calon suasana nampak ramai, bahkan lebih meriah dari sebuah pesta perkawinan.

2. Tradisi mengunjungi calon kades.
Tetangga, saudara, tim pendukung dan seluruh warga seolah ngumpul dirumah calon, ini merupakan tradisi yang selalu terjadi jelang hari pencoblosan.

3. Nuansa Mistis.
Hal yang tidak pernah hilang di era modern saat ini, nuansa Mistis ajang pilkades seolah tidak akan lepas, wangi kemeyan, dupa hingga orang pinter nampak berkumpul di rumah calon.

4. Menjaga Calon.
Tradisi menjaga atau tidur dirumah calon pun menjadi tradisi yang tidak lepas dari nuansa Pilkades, padahal yang menjadi rivalnya merupakan tetangga, namun tetap saja tradisi menjaga calon tetap berlangsung hingga kini.

5. Pendukung Fanatik
Biasanya calon kepala desa miliki pendukung fanatik yang terkadang saking fanatiknya sesama tetangga bisa saling cemberut.

6. Resiko Gesekan Pendukung.
Meski hanya skup desa dengan dukungan saling kenal, namun resiko pergesekan pendukung cukup rentan terjadi.

7. Membandingkan dengan kinerja kepala desa sebelumnya, hal itu cukup lumrah dilingkungan warga Masyarakat Sukabumi.

Itulah beberapa hal yang berhasil dirangkum TatarSukabumi.ID di ajang Pilkades  serentak 71 Desa se-Kabupaten Sukabumi.(*)

Penulis : Dian Syahputra Pasi

7 Fakta Unik Jelang Pencoblosan Pilkades Sukabumi , Nomor 3 Bikin Geleng Kepala 7 Fakta Unik Jelang Pencoblosan Pilkades Sukabumi , Nomor 3 Bikin Geleng Kepala Reviewed by Tatar Sukabumi on Sabtu, Oktober 21, 2017 Rating: 5

Post AD

home ads