Loading...

Sukabumi Bestari, Mulai 11 November Pusat Perbelanjaan dan Perkantoran Kurangi Kantong Plastik

Jumat, 21 Februari 2020 - 18:32 WIB
Sukabumi Bestari, Mulai 11 November Pusat Perbelanjaan dan Perkantoran Kurangi Kantong Plastik
Sukabumi Bestari, Mulai 11 November Pusat Perbelanjaan dan Perkantoran Kurangi Kantong Plastik

TatarSukabumi.ID - Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi bertekad untuk menekan jumlah sampah plastik khususnya di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengeluarkan surat edaran mengenai pengurangan penggunaaan kantong Plastik.

Dalam surat edaran bernomor 660-1/1135-047/2020 tertanggal 14 Februari 2020 menyatakan bahwa pengurangan penggunaaan kantong plastik akan mulai diberlakukan pada 11 November 2020.

BACA JUGA : Hari Peduli Sampah Nasional 2020 Target November Sukabumi Bersih Sampah Plastik

Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari Perbup Nomor 81 Tahun 2019 tentang pengelolaan kebersihan melalui gerakan Sukabumi Bersih, Tertib dan Asri (Bestari)

Adapun larangan penggunaan kantung plastik akan dilakukan secara bertahap mulai dari inventarisasi penggunaan kantong plastik, penetapan kawasan penggunaan kantong plastik hingga penyusunan aksi daerah tentang penggunaan kantong plastik.

Pada tahap awal pengurangan penggunaan kantong plastik akan diterapkan di pusat pusat perbelanjaan,  pertokoan modern dan seluruh kantor pemerintahan Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Perda Nol Persen Alkohol di Sukabumi 'Mandul', MUI Minta Penegak Perda Sterilkan Miras dan Mihol

Gerakan Sukabumi Bestari (Bersih, Tertib dan Asri) merupakan gerakan untuk menjalin sinergitas antara perangkat daerah (pemerintah) masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Sukabumi di dalam melakukan pengelolaan di bidang kebersihan lingkungan.

Gerakan Sukabumi Bestari mempunyai tiga program utama, yakni pengurangan penggunaan kantong plastik, penetapan kawasan bebas sampah, dan pengenaan sanksi administratif terhadap pelanggaran pengelolaan sampah.

Dengan terlaksananya Gerakan Sukabumi Bestari diharapkan dapat mengurangi beban sampah yang mencemari lingkungan sekaligus merubah perilaku masyarakat dalam mengelola sampah di lingkungan maupun tempat tinggal.(*)