Loading...

Hari Peduli Sampah Nasional 2020 Target November Sukabumi Bersih Sampah Plastik

Jumat, 21 Februari 2020 - 13:53 WIB
Hari Peduli Sampah Nasional 2020 Target November Sukabumi Bersih Sampah Plastik
Hari Peduli Sampah Nasional 2020 Target November Sukabumi Bersih Sampah Plastik

TatarSukabumi.ID - Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap 21 Februari sejak 2005, dirayakan dengan kegiatan turun kejalan oleh Jajaran Muspika TNI/Polri, Pemerintah Desa, dan sejumlah unsur Masyarakat se-Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Jumat (21/2/2020).

Peringatan HPSN tingkat Kecamatan Cibadak tahun 2020 ini titik awal kegiatan dipusatkan di halaman Kantor Kecamatan Cibadak, selanjutnya seluruh unsur peserta HPSN melakukan aksi bersih-bersih sampah yang dibagi kedalam tiga zona.

Zona pertama dilakukan di sepanjang Jalan Suryakencana, zona kedua dikawasan Sekarwangi dan zona terakhir adalah di sepanjang jalan protokol Perintis  Kemerdekaan Cibadak.

BACA JUGA : Perda Nol Persen Alkohol di Sukabumi 'Mandul', MUI Minta Penegak Perda Sterilkan Miras dan Mihol

Camat Cibadak, Lesto Rosadi kepada TatarSukabumi.ID disela kegiatan mengatakan kegiatan hari ini merupakan bentuk kampanye tentang kepedulian kita terhadap sampah.

"Bagaimana kita menyadarkan masyarakat bagaimana kita peduli sampah, jadi bukan hanya hari ini saja peduli sampah itu, jadi kapanpun harus dilakukan," ungkap Lesto, Jumat (21/2).

Masih kata Lesto, kegiatan ini sekaligus bentuk realisasi dari Peraturan Bupati (Perbup) nomor 1 tahun 2019 tentang kebersihan dan sampah plastik.

"Ini kita tindak lanjuti dan kebetulan 1 april nanti ada kegiatan BBGRM (Bulan Bhakti Gotong-royong Masyarakat) tingkat Kabupaten yang dipusatkan di Gunungguruh, Kita menunjuk kelurahan Cibadak sebagai kelurahan BBGRM yang akan dilombakan, nanti di 1 april kita juga akan turun lebih semarak lagi, dan saat ini support dari seluruh unsur masyarakat sangat luar biasa," beber Lesto.

BACA JUGA : Seperti Ini Proses Verifikasi Pemutakhiran Data Penetapan DPS hingga Penetapan Daftar Pemilih Tetap Pilkada 2020

Disinggung awak media program yang nantinya akan diterapkan di kawasan pusat kota Nayor Cibadak khususnya terkait penanggulangan sampah, Lesto Rosadi angkat suara.

"Semoga ini menjadi pemicu dan bahan edukasi seperti harapan Saya dan pak Bupati semoga masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan,"

"Nantinya setiap toko diwajibkan mempunyai tempat sampah sendiri sehingga memudahkan pasukan dinas kebersihan dan DLH (Dinas Lingkungan Hidup) dalam mengangkat sampah," tandasnya.

BACA JUGA : Kurang Banyak! Inilah Alat Canggih Pendeteksi Bencana Andalan BPBD Kabupaten Sukabumi

Ditempat yang sama, Lurah Cibadak Budi Andriana mengatakan kegiatan pembersihan sampah ini dilakukan seluruh unsur pemerintahan dan masyarakat di ruas jalan utama dan protokol di Kecamatan Cibadak.

"Kebetulan HPSN kali ini jatuh pada hari jumat, maka kita kaitkan dengan program jumat bersih (jumsih) yang merupakan program kegiatan rutin di Kelurahan Cibadak,"

"Kita telah mencanangkan Jumsih dan semoga momentum ini menjadi stimulus (rangsangan) bagi masyarakat agar kegiatan ini berkelanjutan. Diharapkan bentuk sinergitas pemerintah dan masyarakat akan terus terjalin sesuai himbauan pak Bupati di bulan Nopember mendatang kita sudah terbebas dari sampah plastik," ungkap Budi Andriana.(*)