Loading...

Guncangan Gempa di Sukabumi Pusat Gempa di Tasikmalaya

Jumat, 21 Februari 2020 - 10:45 WIB
Guncangan Gempa di Sukabumi Pusat Gempa di Tasikmalaya
Guncangan Gempa di Sukabumi Pusat Gempa di Tasikmalaya

TatarSukabumi.ID - Sejumlah wilayah di Kabupaten Sukabumi merasakan guncangan gempa yang terjadi Jumat (21/2) pagi tadi.

Dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa tektonik berkekuatan 4.9 SR terjadi tepat pukul 07:57:13 WIB, dengan lokasi pusat gempa berada pada 8.17 Lintang Selatan dan 107.50 Bujur Timur, atau 112 kilometer Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya-Jawa Barat pada kedalaman 11 Kilometer.

Rilis resmi BMKG melalui Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho menyatakan guncangan di wilayah Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran memiliki skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda bergantung bergoyang).

Sementara itu, untuk wilayah Sukabumi memiliki skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami," tegas Hendro, Jumat (21/2).

BACA JUGA : Kurang Banyak! Inilah Alat Canggih Pendeteksi Bencana Andalan BPBD Kabupaten Sukabumi

Lebih jauh BMKG menyatakan jenis dan mekanisme Gempa ini bila diperhatikan dari lokasi episentrum dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

"Hingga pukul 08.21 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi." jelasnya.(*)