Loading...

Kondisi Terkini Setelah Terjebak 24 Jam di Geopark Ciletuh

Selasa, 18 Februari 2020 - 06:13 WIB
Kondisi Terkini Setelah Terjebak 24 Jam di Geopark Ciletuh
Kondisi Terkini Setelah Terjebak 24 Jam di Geopark Ciletuh

TatarSukabumi.ID  - Setelah kurang lebih 24 jam tidak bisa diakses sejak Minggu sore kemarin akhirnya Ruas jalan Waluran - Mareleng - Palangpang mulai bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat sekira pukul 17.30 Senin (17/2/2020).

Meski kondisi akses Jalan menuju kawasan objek wisata Geopark Ciletuh masih belum bisa dinyatakan 100% normal, namun setidaknya warga beserta wisatawan yang sebelumnya sempat terjebak dari kawasan Geopark akibat 7 titik ruas jalan dilanda longsor dan tergenang banjir mulai tadi malam akhirnya bisa keluar.

Hal tersebut dibenarkan Entis Sutisna, Kepala Sub Unit Pengelolaan (KSUP 4) Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Barat wilayah kerja Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Hidrometeorologi Sebabkan 18 Kejadian Bencana di 6 Kecamatan Sukabumi

Menurut Entis, akses masuk maupun keluar kawasan Geopark Ciletuh sejak tadi malam sudah bisa dilintasi kendaraan, namun harus ekstra hati - hati mengingat masih banyaknya sisa material longsor yang membuat licin jalan.

"Sekira pukul 17.30 WIB, kendaraan dari arah Ciwaru - Palangpang sudah mulai bisa melintas, namun harus tetap hati hati jalanan licin dan masih satu lajur yang bisa dilalui.

"Meski belum normal, namun setidaknya bisa mencairkan tumpukan kendaraan yang sebelumnya menunggu untuk keluar dari wilayah Geopark Ciletuh, terlebih para wisatawan yang sempat tertahan," kata Entis Selasa (18/2) dini hari tadi.

BACA JUGA : Wisatawan Geopark Ciletuh Tertahan Tidak Bisa Keluar Akses Jalan Tertimbun Longsor

Masih kata Entis, untuk jalur alternatif  lain menuju akses Geopark, Jalur Loji - Puncak Darma - Palangpang hingga malam tadi masih dalam proses penanggulangan di satu titik ruas jalan yang masih tertutup longsor.

"Akses kendaraan dari Loji sampai Puncak Darma audah aman. untuk ruas jalan Puncak Darma - Batu Cakup masih dalam pengerjaan, dan begitu juga dari Batu Cakup hingga Palangpang sudah bisa di lalui kendaraan," jelas Entis.

Dihubungi terpisah, Camat Ciemas AG Sanjaya memastikan akses jalan menuju Geopark Ciletuh Selasa (18/2) di upayakan bisa kembali berjalan normal.

BACA JUGA : 7 Titik Longsor Sepanjang Loji Hingga Geopark, Ciwaru Palangpang Terisolir

"Kita upayakan akses menuju Geopark Selasa besok selesai, agar tidak mengganggu roda perekonomian warga serta pengunjung ke destinasi wisata, mudah mudahan tidak terkendala cuaca," kata AG Sanjaya.

Masih kata AG Sanjaya, meski pihak pemerintah dan Dinas terkait menurunkan alat berat dalam penanganan bencana ini, namun peran serta upaya swadaya melibatkan masyarakat sangat efektif dalam proses evakuasi longsor ini.

"Saya mengapreasi untuk semua pihak yang turut andil dalam penanganan bencana ini. Saat ini sejumlah titik sudah dapat di evakuasi, tinggal pembersihan sisa  material tanah agar aman dilalui pengendara." pungkasnya.(*)