Loading...

152 Desa Terima Bantuan Keuangan Khusus dari Pemkab Sukabumi Inilah Besarannya

Senin, 17 Februari 2020 - 10:33 WIB
152 Desa Terima Bantuan Keuangan Khusus dari Pemkab Sukabumi Inilah Besarannya
152 Desa Terima Bantuan Keuangan Khusus dari Pemkab Sukabumi Inilah Besarannya

TatarSukabumi.ID - Dalam rangka mendongkrak percepatan pembangunan pedesaan, di tahun 2020 ini Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi menggelontorkan APBD berupa Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada sedikitnya 152 Desa di Kabupaten Sukabumi.

Hingga pertengahan Februari ini, Bantuan Keuangan Khusus masih menjalani proses belum tersalurkan ke Desa penerima manfaat.

Hal ini diungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Thendy Hendrayana saat dikonfirmasi TatarSukabumi.ID belum lama ini.

BACA JUGA : Ciemas Dikepung Longsor dan Banjir, Ratusan Hektare Areal Pertanian Terendam Air 5 Desa Terisolir

"Saat ini Bantuan Keuangan Khusus belum disalurkan. Nantinya bantuan digulirkan untuk penguatan status perkembangan desa berdasarkan indeks desa membangun (IDM) serta desa perbatasan," jelas Thendy.

Kepala DPMD Kabupaten Sukabumi berharap nantinya 152 desa penerima BKK dapat secara optimal dalam pengelolaan anggaran tersebut.

"Tidak boleh dipergunakan diluar peruntukan, pemanfaatannya harus dioptimalkan untuk membangun kabupaten sukabumi agar lebih maju lagi melalui program Pembangunan sektor ekonomi dan lingkungan, peningkatan potensi keragaman produksi masyarakat, pembentukan lembaga ekonomi perdagangan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi atau pencegahan bencana," tegas Thendy.

BACA JUGA : Pekan Festival Durian Di Kawasan Wisata Edukasi Kalapanunggal Sambil Melihat Budidaya Arwana Kambing Etawa Dan Ayam Sentul

Dari 152 desa penerima BKK, 39 desa dari 18 Kecamatan tercatat berada dalam status IDM tertinggal dengan kategori akselerasi bantuan senilai 100 juta.

Untuk 82 desa di 32 kecamatan lainnya berstatus desa IDM meningkat kategori kinerja dengan jumlah bantuan yang sama diangka 100 juta rupiah.

Sementara desa di 6 kecamatan dengan status IDM mandiri kategori penguatan mendapatkan bantuan anggaran senilai 150 juta, Dan terakhir 25 desa di 16 kecamatan dengan status desa perbatasan diberikan bantuan senilai 80 juta rupiah.

BACA JUGA : Jangan Coba Jual Barang Terlarang Kapolsek Baru Parungkuda Babad Habis Penjual Miras

Disinggung mekanisme pengawasan realisasi program BKK, kepada TatarSukabumi.ID Thendy angkat suara.

"Sesuai dengan tugas pokok fungsi pembinaan dan pengawasan pemerintah kabupaten akan dilakukan oleh DPMD bersama Inspektorat.

"Untuk pengawasan dan pelaporan realisasi pelaporan hinga pertanggungjawaban kepala desa oleh masing-masing pihak kecamatan," jelas Kepala DPMD Kabupaten Sukabumi.(*)