Nikmati Keindahan Curug Kembar Cihideung Sukabumi

Senin, 20 Januari 2020 - 12:29 WIB
Nikmati Keindahan Curug Kembar Cihideung Sukabumi
Nikmati Keindahan Curug Kembar Cihideung Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Dengan bertebarnya Curug di wilayah Sukabumi, tidak salah jika Sukabumi dijuluki sebagai Kabupaten Seribu Air Terjun (Curug).

Selain terkenal dengan keindahan alam hinga diakui Unessco Global Geopark Ciletuh, belakangan bermunculan objek wisata baru yang tengah dikembangkan pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Salah satu adalah Curug Cihideung yang terletak di Desa Sindangraja, Kecamatan Curugkembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

BACA JUGA : Satpol Air Polres Sukabumi Gencar Patroli di Perairan Palabuhanratu dan Ujung Genteng

Dengan ketinggian 80 meter, Curug Cihideung memiliki dua curug berdampingan (kembar) yang menjulang indah.

"Dari historisnya air terjun ini menjadi Cikal bakal nama Kecamatan Curugkembar, karena curug ini memiliki 2 curug yang berdampingan" ungkap Dedi Chardiman, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Sukabumi mendampingi Istri Bupati Sukabumi, Yani Djatnika Marwan saat kunjungan kerja di wilayah Curugkembar, Minggu (19/01/2020)

Saat ini, sambung Dedi, tengah dilakukan penataan kawasan Curug Cihideung melalui program Peningkatan Partisipasi Kecamatan (P3K).

"Pelaksanaan penataan dan Pembangunannya dilaksanakan oleh Dana P3K  yang dikelola oleh Desa bekerjasama dengan perhutani karena lahannya lahan perhutani, kelompok masyarakat juga terlibat dalam pengelolaan kawasan wisata tersebut" jelas Dedi.

BACA JUGA : Pasar Penampungan Eks Pasar Pelita Sukabumi Kembali Terbakar

Ditempat yang sama, Ibu Bupati Sukabumi, Yani Djatnika Marwan menyatakan kagum akan keindahan Curug Cihideung.

"Selain upaya pemerintah dalam penataan kawasan, ini harus menjadi komitment bersama antara seluruh elemen masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan, sehingga curug ini bisa menjadi icon kecamatan Curugkembar yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahtraan masyarakat.

"Dari Kantor Desa, lokasi wisata Curug Cihideung tidak begitu jauh. Menuju akses kesana kita akan melewati tangga sepanjang 140 meter lumayan olah raga sambil wisata dan harus hati hati tangganya juga lumayan tinggi tinggi" ungkap Yani Marwan.

Selain meninjau penataan kawasan Curug, kedatangan istri Bupati Sukabumi merupakan kunjungan kepada salah seorang warga Kecamatan Curugkembar yang meninggal dunia di Riyadh Saudi Arabia.

"Habis melayat keluarga TKW yang meninggal di daerah sini," terang Yani yang saat ini juga menjabat sebagai ketua Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Sukabumi.(*)

TERPOPULER

SUKABUMI TERKINI