Pantai Talanca Palabuhanratu Lebih Indah dari Pantai New Zealand 10 Ton Sampah Dibersihkan

Rabu, 11 Desember 2019 - 11:19 WIB
Pantai Talanca Palabuhanratu Lebih Indah dari Pantai New Zealand 10 Ton Sampah Dibersihkan
Pantai Talanca Palabuhanratu Lebih Indah dari Pantai New Zealand 10 Ton Sampah Dibersihkan
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi menginisiasi kegiatan bersih bersih Pantai Palabuhanratu dalam rangka rangkaian peringatan hari juang TNI Angkatan Darat tahun 2019.

Pembersihan pantai dan konservasi ini dilaksanakan di kawasan wisata Pantai Talanca, Desa Loji, Kecamatan Simpenan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi.

Tidak hanya mengangkat sampah disekitar bibir Pantai, dalam acara ini juga dilakukan penanaman 20 ribu pohon disepanjang pantai.

BACA JUGA : Pembagian Sertifikat Tanah PTSL Desa Cijengkol, Marwan : Pergunakan Sebaik-baiknya Sesuai Harapan Presiden

"2,4 Kilometer melibatkan seluruh elemen masyarakat, pelajar, Pemkab Sukabumi dan TNI/Polri. Kita ingin membangkitkan kesadaran tentang, arti penting kebersihan,"

"Penanaman pohon ini berfungsi sebagai penahan erosi akibat air laut, sekaligus keindahan alam sekitar pantai talaga ini, kedepan kita akan buat pantai ini sebagai lokasi surfing,"

Hal ini diungkap Dandim O622 Letkol Arm Suyikno  kepada TatarSukabumi.ID di Pantai Talanca, Rabu (11/12).

BACA JUGA : Penderita HIV AIDS di Sukabumi Meningkat Hingga 887 Didominasi Hubungan Sejenis Laki-laki

Dalam kegiatan ini, setidaknya 5 unit alat berat excavator ikut diturunkan untuk mengangkat 10 ton sampah yang berhasil dikumpulkan hari ini.

Selanjutnya, sambung Suyikno, untuk meminimalisir tumpukan sampah di Pantai Talanca, akan dilakukan koordinasi dengan Pemerintah daerah baik Kota maupun Kabupaten Sukabumi untuk menyikapi permasalahan pembuangan sampah mulai dari hulu sungai hingga muara pantai.

"Karena material sampah ini dibawa dari hulu sungai Cimandiri, dari kota sampai Palabuhanratu. Secara sama sama kita beri kesadaran masyarakat disepanjang bantaran sungai," tegasnya.

BACA JUGA : Marwan Hamami Sebut UPK dan BAZ Solusi Terbaik Berantas Bank Emok

Lebih jauh Suyikno menjelaskan, pantai Talanca memiliki ombak yang cukup panjang.

Lokasi ini sangat cocok sebagai lokasi surfing, dan ternyata panjang ombak di Pantai Talanca tidak kalah dengan ombak yang dimiliki Selandia Baru.

"Di Dunia yang seperti ini hanya ada dua, di newzealand dan satunya di Indonesia," jelas Suyikno.(*)