Pembagian Sertifikat Tanah PTSL Desa Cijengkol, Marwan : Pergunakan Sebaik-baiknya Sesuai Harapan Presiden

Selasa, 10 Desember 2019 - 20:55 WIB
Pembagian Sertifikat Tanah PTSL Desa Cijengkol, Marwan : Pergunakan Sebaik-baiknya Sesuai Harapan Presiden
Pembagian Sertifikat Tanah PTSL Desa Cijengkol, Marwan : Pergunakan Sebaik-baiknya Sesuai Harapan Presiden

TatarSukabumi.ID - Sebagai kepanjangtanganan Pemerintah Pusat, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami melakukan pembagian sertifikat tanah pada program Nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2019 kepada masyarakat Desa Cijengkol Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Selasa (10/12/2019)

Dalam acara tersebut, Marwan Hamami menyerahkan secara simbolis sertifikat program PTSL kepada 5 orang perwakilan masyarakat Desa Cijengkol.

Marwan meminta, sertifikat yang diterima harus bisa dimanfaatkan sebaik baiknya sesuai harapan Presiden Joko Widodo.

"Program ini tentunya diinisiasi oleh Bapak Presiden, dengan program PTSL berharap rasa tenang dan aman bagi masyarakat atas kepemilikan lahan" kata Marwan, Selasa (10/12).

BACA JUGA : Pemkab Sukabumi Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia

Setelah diterima secara massal oleh masyarakat, sesuai instruksi presiden, masyarakat diharapkan bisa menggali seluruh potensi yang ada di wilayahnya, beber orang nomor satu di Sukabumi.

Marwan juga berpesan, sertifikat ini nantinya jangan digunakan untuk kebutuhan konsumtif, namun digunakan untuk pengembangan usaha.

"Presiden berharap perkembangan dari pinggiran sudah dimulai. Pemerintah mengeluarkan dana desa untuk menguatkan pemberdayaan masyarakat sebesar 60 persen. Jadi idealnya masyarakat sudah bisa sejahtera dengan program desa," tegas Marwan.

BACA JUGA : Hergun : Pemda Sukabumi Harus Bisa Ciptakan Banyak Lowongan Kerja dan Berantas Calo Pencaker

Ditempat yang sama, Kepala Desa Cijengkol, Haer Suhermansyah menyampaikan jika sebelumnya pembagian sertifikat juga telah dilaksanakan beberapa bulan lalu.

Menurutnya, pembagian sertifikat kali ini merupakan gelombang ketiga di tahun 2019.

"Tahap pertama 100 bidang kita bagikan, tahap kedua 150 bidang dan sekarang tahap ke tiga sebanyak 500 bidang, untuk total penerima program PTSL di desa Cijengkol sebanyak  2400 bidang." jelas Haer.(*)