Loading...

Rumah Ditelan Longsor di Parungkuda Sukabumi, Camat Himbau Masyarakat Ikut Aktif Lapor

Kamis, 05 Desember 2019 - 13:13 WIB
Rumah Ditelan Longsor di Parungkuda Sukabumi, Camat Himbau Masyarakat Ikut Aktif Lapor
Rumah Ditelan Longsor di Parungkuda Sukabumi, Camat Himbau Masyarakat Ikut Aktif Lapor

TatarSukabumi.ID - Pemerintah Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, menghimbau masyarakat khususnya warga Kecamatan Parungkuda untuk lkembali menggiatkan ronda malam.

Masyarakat juga diminta untuk ikut serta dan berperan aktif melaporkan kepada pihak terkait bila menjumpai gejala potensi bencana di wilayahnya.

Hal ini diungkap Camat Parungkuda, Amir Hamzah kepada TatarSukabumi.ID, Kamis (5/12/2019).

BACA JUGA : Rumah di Bumi Pakuon Regency Amblas Tergerus Longsor

Himbauan ini dilakukan mengingat kondisi cuaca ekstrem yang terjadi selama sepekan terakhir di wilayah Kecamatan Parungkuda yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi diantaranya genangan air, angin puting beliung, pohon tumbang, potensi pergerakan tanah dan longsor.

Disinggung terkait bencana tanah longsor yang mengakibatkan ambruknya rumah di Perumahan Bumi Pakuon Regency (BPR) Blok Tulip nomor 19  Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi pada Senin (2/12) malam lalu, Amir Hamzah angkat suara.

"Kami sudah melaporkan kejadian ini ke Bupati, BPBD dan Dinas Perkim (Perumahan dan Pemukiman).

"Selanjutnya nanti biar pihak Perkim melakukan langkah-langkah koordinasi dengan pihak pengembang untuk mengantisifasi kejadian serupa agar tidak terulang," ujar Amir Hamzah, Kamis (5/12).

BACA JUGA : Bikin Heboh! Banjir di Cibadak Ular Sanca Keluar Dari Gorong-gorong

Dalam peristiwa longsor ini, tidak hanya satu unit rumah amblas terbawa longsor, dua bangunan rumah terdekat terancam.

"Kondisi tersebut juga telah kita laporkan," tutur Amir.

Disinggung mengenai penanggulangan kerugian materiil bagi korban longsor, Amir  mengatakan jika pihak developer perumahan siap bertanggung jawab.

Saya dengar dari Kasie Trantib bahwa developer siap mengganti kerugian yang diderita oleh penghuni, termasuk mengganti seluruh perabotan rumah yang mengalami kerusakan akibat longsor," pungkasnya.(*)