Lurah Cibadak Tegur Developer Perumahan Agar Tempuh Legalitas Perizinan

Selasa, 30 Juli 2019 - 00:00 WIB

Lurah Cibadak Tegur Developer Perumahan Agar Tempuh Legalitas Perizinan
Lurah Cibadak Tegur Developer Perumahan Agar Tempuh Legalitas Perizinan
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Proyek pembangunan perumahan yang berada di Wilayah Lingkungsari RT 03 RW 21 Kelurahan Cibadak Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi diduga bermasalah.


Pasalnya, Pihak Developer Perumahan diduga belum mengantongi izin operasional untuk melakukan aktivitas kegiatan.


Namun dari pantauan TatarSukabumi.ID lahan yang dulunya merupakan areal pesawahan produktif saat ini tengah dilakukan pengerukan yang rencananya akan beralih fungsi menjadi perumahan.


Nampak sejumlah alat berat, melakukan aktivitas cut and fill, namun hingga berita ini ditayangkan pihak developer perumahan masih belum bisa di konfirmasi awak media.


BACA JUGA : Pemkab Sukabumi Butuh Perda Untuk Berantas Rentenir Berkedok Koperasi Simpan Pinjam


Pagi ini, Lurah Cibadak, Budi Andriana melakukan peninjauan ke lokasi yang nantinya akan dibangun Perumahan.


Sebelumnya, Budi Andriana kepada awak media menyampaikan, terkait pembangunan perumahan diwilayahnya untuk persetujuan lingkungan dan tahapan-tahapan telah ditempuh Developer kepada Pihak Kelurahan.


"Jadi persetujuan lingkungan itu sudah disampaikan ke kita (kelurahan), intinya sosialisasi dua kali sudah kita laksanakan baik dengan masyarakat sekitar maupun aparatur yang berada di kecamatan Cibadak," kata Budi, Selasa (9/7/2019).


BACA JUGA : Warga Sukabumi Kurang Peduli Sejarah Monumen Palagan Bojongkokosan Sepi Pengunjung


Namun menurut Budi, Pihaknya hanya memberikan rekomendasi untuk permasalahan perijinan secara teknis lebih jauhnya diatur oleh Dinas DPMPTSP (Dinas Penanaman Modan dan Perizinan Terpadu Satu Pintu).



"Memang setelah kami konfirmasi ke tata ruang dan perijinan itu belum dikeluarkan izinnya" terang Budi.


Lurah Cibadak meminta Pihak Developer Perumahan untuk menempuh dan melengkapi seluruh legalitas administrasi sebelum melakukan aktivitas pekerjaan.


BACA JUGA : Gadis Asal Jampang Sukabumi Juara 3 Tahfidz Al-Quran 1 Juz Tingkat Nasional


Masih kata Lurah Cibadak, Pihaknya sempat melayangkan teguran, meski masih dalam bentuk lisan kepada Pihak Developer untuk menghentikan pekerjaan sementara apabila belum terbit izin.


Namun kata Dia, apabila teguran tidak diindahkan, Pihaknya akan menindak lanjuti hal ini ke tingkat kecamatan dan DPMPTSP Kabupaten Sukabumi.


"Kita akan laporkan ke pimpinan dalam hal ini dinas perijinan terkait permasalahan ini." pungkasnya.


Ditemui di Kelurahan Cibadak Ketua RW setempat, Lukman Hakim kepada awak media mengatakan bahwa izin lingkungan dan rekomendasi dari pihak Kecamatan maupun dari DPMPTSP telah selesai namun pihak perusahaan hingga saat ini belum memperlihatkan atau memberikan foto copy dokumen UKL - UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup) untuk pembangunan perumahan tersebut.


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi