HUT Bhayangkara Polri ke-73 Polsek Kebonpedes Bantu Pejuang Kemerdekaan

Selasa, 30 Juli 2019 - 00:00 WIB

HUT Bhayangkara Polri ke-73 Polsek Kebonpedes Bantu Pejuang Kemerdekaan
HUT Bhayangkara Polri ke-73 Polsek Kebonpedes Bantu Pejuang Kemerdekaan
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Peringatan Hari Bhayangkara Polri ke-73, Kepolisian Sektor Kebonpedes berikan bantuan kepada mantan pejuang kemerdekaan dari Kampung Ceger, Desa Sasagaran, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.


Kapolsek Kebonpedes, Iptu Yanto Sudiarto mengatakan, pihaknya memilih untuk membantu pejuang Adung (83) dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-73 mengingat kondisi yang dialami kakek tua mantan pejuang dinilai cukup memprihatinkan.


Sang pejuang kemerdekaan Negara Republik Indonesia saat ini tinggal menempati sebuah bangunan gubuk yang jauh dari kata layak, berada ditengah sawah menyatu dengan kandang kambing didekat rumahnya.


"Jadi bantuan tersebut merupakan sebuah penghargaan yang telah dilakukannya pada masa perjuangan," kata Iptu Yanto saat dihubungi, di Mapolsek Kebonpedes, Senin (1/7/2019).


BACA JUGA : BNNK Sukabumi Sebut Angka Penyalahgunaan Narkoba Meningkat, Setiap Minggu Polresta Sukabumi Tangkap Pengedar


Lebih jauh Yanto membeberkan, kondisi tempat tinggal yang cukup memprihatinkan ini rencananya akan dilakukan perbaikan.


Namun kendalanya, Adung tidak tercatat dan terdaftar sebagai pejuang, meski demikian, pihaknya akan tetap berupaya untuk mengajukan bantuan Rutilahu kepada lembaga terkait.


Dari hasil penelusuran baik dari pengakuan Adung ataupun keluarganya diketahui kakek tua itu pernah ikut berjuang bahkan cukup mengenal komandan saat mempertahankan kemerdekaan Indonesia.


"Adung masih mengenal siapa atasannya pada masa itu, bahkan satu persatunya Ia sebutkan dengan benar. Oleh karena itu kami akan berusaha membantunya," tutur Yanto.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi