Camat Kabandungan Optimis Pilkades 2019 Sukses

Selasa, 30 Juli 2019 - 00:00 WIB

Camat Kabandungan Optimis Pilkades 2019 Sukses
Camat Kabandungan Optimis Pilkades 2019 Sukses
Banner Dalam Artikel


TatarSukabumi.ID - Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tingkat Desa di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat dalam waktu dekat akan dihelat.


Pilkades serentak Kabupaten Sukabumi yang rencananya akan digelar dipenghujung tahun 2019 mendatang merupakan Pilkades kedua terbesar se Jawa Barat setelah Kabupaten Bogor, sedikitnya 270 Desa di Kabupaten Sukabumi akan melaksanakan Pilkades yang rencananya akan digelar pada November mendatang.


Desa Tugubandung dan Desa Cihamerang merupakan 2 Desa di wilayah Kecamatan Kabandungan yang akan turut serta melaksanakan Pemilihan Kepala Desa.


Dikonfirmasi terkait persiapan jelang pemilihan 6 tahun sekali ini, Camat Kabandungan, Riny Zuraidah Zakhroh memastikan Pihaknya telah siap menyongsong Pilkades 2019 mendatang.


Menurut Riny beberapa proses tahapan kegiatan tengah dilakukan demi suksesnya penyelenggaraan Pilkades tahun ini.


"Hingga saat ini tahapan demi tahapan sudah kami laksanakan sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan oleh Kabupaten, kami sudah melakukan inventarisir keanggotaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang sudah habis masa baktinya, dengan melanjutkan rekruitmen dan pemilihan anggota BPD baru,"kata Riny Minggu (7/7/2019).


BACA JUGA : Pelantikan Penjabat Kades Kadununggal


Dari ke 2 desa yang akan melangsungkan Pilkades, Desa Tugubandung terlebih dulu sudah melakukan pemilihan anggota BPD dan proses pelantikannya sudah dilakukan beberapa waktu lalu.


"Sehingga Tugubandung akan lebih fokus untuk persiapan pelantikan PJS dan pembentukan panitia Pilkades oleh BPD," tambahnya.


Menurut Riny, sesuai dengan aturan yang ada, proses pembentukan dn pelantikan Pilkades dilakukan oleh BPD dan Panitia Pilkades yang sudah terbentuk selanjutnya akan mendapatkan Bimbingan Teknis oleh Panitia Pilkades di tingkat Kabupaten.



Untuk masa bakti angota BPD Desa Cimerang berakhir pada bulan Agustus, sebelum berakhir masa bakti keanggotaannya BPD Desa Cihamerang telah membentuk panitia Pilkades dan sudah dilakukan pelantikan.


"Pada intinya Camat selaku panitia yang terlibat ditingkat Kabupaten memfokuskan kepada semua tahapan dalam Pilkades serentak ini,  jangan sampai ada tahapan yang tertinggal sesuia dengan jadwal yang sudah ditetapkan dan kami  mengawal proses pada 2 desa tersebut," Terang Riny.


BACA JUGA : Pemkab Sukabumi Butuh Perda Untuk Berantas Rentenir Berkedok Koperasi Simpan Pinjam


Pada tahun sebelumnya 3 Desa di Kecamatan Kabandungan telah melaksanakan pemilihan Pilkades, dengan pengalaman ini Riny optimis pelaksanaan Pilkades kali ini akan berjalan aman dan sukses.


"Berkaca kepada pengalaman sebelumnya kami telah melaksanakan Pilkades di 3 desa dapat berjalan dengan aman dan sukses sehingga di tahun ini kami yakin dan siap untuk melaksanakan Pilkades serentak dengan aman dan sukses, dengan mengikuti seluruh tahapan tahapan yang sudah dilaksanakan," papar Riny.


Selaku perwakilan dari panitia ditingkat Kabupaten Riny senantiasa terus mengawal proses tahapan yang berlangsung dalam Pilkades serentak ini.


"Camat senantiasa mengawal setiap proses sampai pada proses tahapan tahapan yang sudah ditetapkan," tandasnya.(*)


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi