Tradisi Samenan SDN Kiarakoneng Simpenan

Rabu, 26 Juni 2019 - 00:00 WIB

Tradisi Samenan SDN Kiarakoneng Simpenan
Tradisi Samenan SDN Kiarakoneng Simpenan
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Jelang akhir tahun ajaran, sejumlah Sekolah menggelar acara rutin tahunan perpisahan.


Sebuah tradisi di wilayah Jawa Barat khususnya Sukabumi merayakan pesta kelulusan siswa dengan istilah samenan.


Dalam acara samenan (perpisahan sekolah) di Sukabumi, biasanya dimeriahkan dengan acara hiburan serta pementasan kreativitas Siswa baik yang bersipat tradisional hingga kreasi modern kekinian.


BACA JUGA : GMNI Sukabumi : Penerimaan Siswa Baru Sistem PPDB Tindakan Diskriminatif


Ditahun ajaran 2018-2019, SDN Kiarakoneng menggelar tradisi samenan dilingkungan Sekolah di Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Minggu (16/6/2019).


Berbagai kreasi siswa ditampilkan menyemarakkan pesta tahunan, salah satu penampilan terbaik dan menjadi sorotan dalam acara ini adalah penampilan seni Pencak Silat.


Kepala Desa Kertajaya, Usep Sudarmin, yang hadir dalam acara mengapreasi seluruh kreativitas yang ditampilkan siswa SDN Kiarakoneng.


BACA JUGA : Ada Kendala, Bus Kota Trayek Jalur Lingkar Selatan Sukabumi Belum Bisa Beroperasi


Usep mengaku bangga kepada generasi penerus yang masih tetap menjaga tradisi serta kesenian Sunda salah satunya Pencak Silat.


"Saya harap tradisi kesenian tradisional tetap dikembangkan dan dikenalkan kepada generasi selanjutnya, jangan sampai anak cucu kita tidak mengenal budaya sendiri malah kalah dengan budaya luar. Sunda sangat kaya dengan seni, dan terkenal hingga ke manca negara," beber Usep.(*)


Reporter : Rudi Imelda