PPDB Sistem Zonasi, Warga 6 Kecamatan Bisa Daftar ke SMAN 1 Cibadak

Rabu, 26 Juni 2019 - 00:00 WIB

PPDB Sistem Zonasi, Warga 6 Kecamatan Bisa Daftar ke SMAN 1 Cibadak
PPDB Sistem Zonasi, Warga 6 Kecamatan Bisa Daftar ke SMAN 1 Cibadak
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Ratusan Pelajar dari berbagai Sekolah Menengah Pertama berbondong bondong melakukan pendaftaran di SMA Negeri 1 Cibadak Kabupaten Sukabumi, Senin (17/6/2019).


Setiap harinya, tercatat sedikitnya 150 siswa tingkat SMP melakukan pendaftaran di SMA Negeri 1 Cibadak dengan perkiraan jumlah pendaftar mencapai 900 siswa setiap minggunya.


BACA JUGA : GMNI Sukabumi : Penerimaan Siswa Baru Sistem PPDB Tindakan Diskriminatif


Ditemui disela pendaftaran, Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 1 Cibadak, Isda Sugara mengatakan, secara prosedural penerimaan siswa baru tahun ajaran 2019 berbeda dengan aturan penerimaan siswa di tahun sebelumnya, pasca diterapkannya sistem zonasi (wilayah) dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).


Ketua Panitia PPDB SMAN 1 Cibadak menjelaskan, SMAN 1 Cibadak masuk kedalam zona C yang membawahi 6 Kecamatan meliputi Kecamatan Cibadak, Nagrak, Caringin, Cicantayan, Cikidang dan Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi.


"Jadi untuk 6 kecamatan tersebut, yang masuk ke dalam zona C bisa mendaftar di SMA 1 Cibadak,"


"Sementara diluar 6 kecamatan itu, bisa juga mendaftar namun melalui jalur prestasi maupun jalur perpindahan orang tua," kata Isda Sugara, Senin (17/6/2019).


BACA JUGA : Pemohon Legalisir Akta dan Kartu Keluarga di Sukabumi Melonjak 1000 Persen


Masih kata Dia, peraturan zonasi dalam sistem PPDB 2019 merupakan ketetapan Kemendikbud dan Ketetapan Gubernur Jawa Barat.


Untuk zona C wilayah Kabuoaten Sukabumi (6 Kecamatan) terdapat 4 Sekolah Tingkat Atas Negeri meliputi SMA Negeri 1 Cibadak, Cikidang, Nagrak dan Cikembar.


"Mereka (siswa baru) memiliki hak yang sama untuk mendaftar di sekolah negeri. Dan wilayah lain bukan berarti tidak bisa masuk ke wilayah zona C, namun bisa melalui jalur prestasi maupun jalur perpindahan orang tua,"


"namun kendalanya jalur prestasi quotanya hanya 5 persen saja," beber Isda Sugara. 


BACA JUGA : Metode Cepat Hafal Alquran Bashorum Fuadhun Ponpes Al-Fath Sukabumi, 1 Bulan Hafal 12 Juz


Lebih jauh Penitia penerima siswa baru SMAN 1 Cibadak mengatakan, untuk jumlah quota keseluruhan tahun ajaran baru 2019 -2020 di SMAN 1 Cibadak hanya mencapai 432 siswa.


Sehingga, quota bagi oendaftar yang menempuh jalur khusus prestasi yang bisa diterima SMAN 1 Cibadak hanya berkisar 22 siswa, begitu pula jalur perpindahan orang tua, jelas Panitia PPDB SMAN 1 Cibadak Sukabumi.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi