Pemkab Bogor Buka Pintu Kerjasama Antar Daerah Maupun Dengan Pihak Ketiga

Rabu, 26 Juni 2019 - 00:00 WIB

Pemkab Bogor Buka Pintu Kerjasama Antar Daerah Maupun Dengan Pihak Ketiga
Pemkab Bogor Buka Pintu Kerjasama Antar Daerah Maupun Dengan Pihak Ketiga
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Pemerintah Kabupaten Bogor mengelar sosialisasi pelaksanaan kerjasama daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor tahun 2019, Selasa (25/6/2019).


Dalam acara yang digelar di ruang Sekda Kabupaten Bogor, Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang), Rustandi disela acara pembukaan mengatakan, Forum sosialisasi cukup penting dan strategis sebagai bahan integral dari proses sebagai upaya dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat guna mendorong percepatan pemenuhan pelayanan publik, melalui kerjasama yang dilakukan antar daerah, dengan pihak ketiga maupun dengan lembaga atau Pemerintah Daerah luar negeri.


Hal ini dilakukan sebagai bentuk penyelenggaraan Pemerintahan yang memiliki eksternalitas lintas daerah dan penyediaan layanan publik yang lebih efisien jika dikelola bersama.


BACA JUGA : Butuh Penanganan Cepat, Tebing Curam SDN Layungsari 1 Bogor Longsor


Lebih jauh Rustandi mengatakan, kegiatan ini diharapkan mampu membantu dalam menyikapi rancangan Permendagri tentang tata cara kerja sama daerah dengan lain maupun kerja sama dengan pihak ketiga sebagai turunan dari Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2018 tentang kerja sama daerah.


Menurut Rustasndi, sejumlah hambatan teknis yang ditemui dilapangan, diantaranya masih rendahnya pemahaman aparatur Pemerintah Daerah tentang regulasi dan prosedur kerjasama daerah, sehingga banyak potensi di daerah yang sebenarnya disa dikerjasamakan namun belum tergali secara optimal.


BACA JUGA : Pelebaran Akses Vital Jalan Desa Sukaharja Bogor


"Disinilah pentingnya kesamaan persepsi dan kesepahaman terhadap peraturan penyelenggaraan kerjasama daerah dan komunikasi yang intensif antar aparatur penyelenggara kerjasama daerah, agar hambatan-hambatan yang terjadi di lapangan dapat segera dicarikan solusinya secara efektif," kata Rustandi, Selasa (25/6/2019).


Pemkab Bogor berharap, kerjasama daerah yang dilaksanakan dapat memenuhi fungsinya sebagai instrumen peningkatan kesejahteraan sosial.


Kontributor Bogor : Trie Budiana Wijaya
Editor : Dian Syahputra Pasi