Pemerintah Australia Beri Hibah 709 M Untuk Program Air Bersih

Rabu, 26 Juni 2019 - 00:00 WIB

Pemerintah Australia Beri Hibah 709 M Untuk Program Air Bersih
Pemerintah Australia Beri Hibah 709 M Untuk Program Air Bersih
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyerahkan Surat Penetapan Pemberian Hibah (SPPH) kepada Bupati Sukabumi.


Selain menerima SPPH, Bupati Sukabumi Marwan Hamami, melakukan penandatanganan Surat Perjanjian Hibah Daerah yang di peruntukan dalam penyedian sarana air bersih bagi PDAM Kota dan Kabupaten se-Indonesia, Kamis (20/06/2019).


BACA JUGA : Dana Bonus Produksi PT Star Energi, Iyos : Jangan Terjadi Penyalahgunaan Apalagi Tumpang Tindih Proyek


Marwan Hamami disela acara yang digelar di ruang serbaguna lantai 8, Gedung SDA Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, di Jalan Pattimura Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menyampaikan respon positif atas bantuan dari pemerintah pusat ini.


Marwan berharap, bantuan ini dapat membantu percepatan layanan sambungan air bersih bagi masyarakat Sukabumi.


Lebih jauh Marwan Hamami mengatakan, meski kondisi demografi Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu hambatan namun Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan terus berupaya mrmberikan pemenuhan kebutuhan air bersih melalui sambungan layanan air bersih di 47 Kecamatan.


"Kami akan  terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik" ujar orang nomor satu di Sukabumi, Kamis (20/6/2019).


BACA JUGA : Masyarakat Sukabumi Diminta Buang Sampah Terjadwal


Seperti diketahui, Pelaksanaan Program Hibah Air Minum dari Kemkeu merupakan agenda rutin yang telah dilaksanakan sejak tahun 2012 dan telah berhasil menambah cakupan layanan Air Minum sebanyak 1,35 juta sambungan.


Program ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pelaksanaan program pipa air minum perkotaan.


Sumber dana yang dipergunakan dalam program hibah ini bersumber dari APBN murni tahun 2019 dan bantuan Hibah dari Pemerintah Australia dengan total bantuan sebesar 709,992 Milyar rupiah untuk Kabupaten dan Kota se-Indonesia. 


Hadir pada kesempatan tersebut Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR, Direktur Pembiayaan dan Transfer non dana perimbangan, Direktur Pengawasan BUMD BPKP, Direktur Pengembangan SPAM, Bupati/Walikota se-Indonesia, Direktur Umum PDAM se-Indonesia dan tamu undangan lainnya.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi