Masalah Dana Desa DPMD Kabupaten Sukabumi Minta Kades Mengedepankan Keterbukaan Sosialisasi dan Jalin Komunikasi

Rabu, 26 Juni 2019 - 00:00 WIB

Masalah Dana Desa DPMD Kabupaten Sukabumi Minta Kades Mengedepankan Keterbukaan Sosialisasi dan Jalin Komunikasi
Masalah Dana Desa DPMD Kabupaten Sukabumi Minta Kades Mengedepankan Keterbukaan Sosialisasi dan Jalin Komunikasi
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Tendy Hendrayana, meminta Kepala Desa untuk melaksanakan kewajiban dalam penyaluran anggaran dana desa serta mengedepankan keterbukaan dengan melakukan sosialisasi dan menjalin komunikasi bersama seluruh unsur, mulai dari tingkat Masyarakat sebagai penerima manfaat, unsur Pemdes, Pendamping Desa, unsur Kecamatan dan unsur lainnya.


Hal ini diungkap Tendy saat ditemui awak media dalam acara Bimtek (bimbingan teknis) Peningkatan Kapasitas bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa 2019 bersama Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) di Hotel Augusta Cikukulu, Selasa (18/6/2019).


"Demi terwujudnya pemerataan pembangunan di pedesaan, Saya harap setelah bimtek, seluruh peserta Kades dan Jajaran Pemerintah Desa bisa lebih profesional," kata Tendy, Selasa (18/6/2019).


BACA JUGA : Bimtek 140 Desa se-Kabupaten Sukabumi, BKAD Warning Tidak Ada Lagi Kades Berurusan Dengan APH


Disinggung persiapan jelang pelaksanaan Pilkades serentak di Tahun 2019 ini, Tendy mengatakan Pilkades serentak di Kabupaten Sukabumi merupakan pesta demokrasi ke-2 terbesar se-Jawa barat setelah Kabupaten Bogor.


"Kita baru mau membentuk tim panitia Pilkades tingkat kabupaten, setelah itu dilanjutkan sosialisasi dengan pihak kecamatan, dilanjutkan tahapan pembentukan panitia Pilkades tingkat desa, sampai diakhir Pilkades kita lantik antara bulan Desember," beber Kepala DPMD Kabupaten Sukabumi.



Masih kata Tendy, anggaran yang disiapkan untuk pesta demokrasi ini ditingkat panitia desa mencapai 19,2 Milyar rupiah.


Anggaran ini nantinya akan dialokasikan untuk pengadaan kertas suara, bilik suara,  keamanan dan kebutuhan lain termasuk penyusunan perdes (peraturan desa).


BACA JUGA : 6 Desa Dilaporkan Bermasalah, Kajari Sukabumi : Akan Kita Garap Secepatnya


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten Sukabumi menghimbau, seluruh bakal calon Kepala Desa untuk mempersiapkan diri, membaca dan mempersiapkan persyaratan yang telah menjadi ketentuan.


"Kita sudah punya aturan, persyaratan pilkades seperti apa, ditambah dalam seleksi patut ada muatan dan kearifan lokal,"


"Termasuk sanksi bilamana terdapat penyimpangan sudah ada aturannya,"


"Harapan kita, semua pihak mendukung agar pelaksanaan hajat besar ini sukses tanpa ekses." tandasnya.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi