Krisis Air Musim Kemarau, BPBD Sukabumi Siap Pasok Air Bersih

Rabu, 26 Juni 2019 - 00:00 WIB

Krisis Air Musim Kemarau, BPBD Sukabumi Siap Pasok Air Bersih
Krisis Air Musim Kemarau, BPBD Sukabumi Siap Pasok Air Bersih
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Saat ini beberapa daerah di Indonesia mulai memasuki musim kemarau.


Jelang musim kemarau, sejumlah daerah di Kabupaten Sukabumi berpotensi kuat mengalami kekeringan hingga kekurangan air bersih.


BACA JUGA : Terbukti Korupsi 1,1 Milyar 2 Kades Sukabumi Divonis 4,5 Tahun Penjara


Menanggapi permasalahan kekeringan musim kemarau, Kepala Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Sukabumi, Asep Suherman kepada TatarSukabumi.ID angkat bicara.


"Ranah BPBD dalam pemenuhan krisis kebutuhan sarana air bersih rumah tangga kita sudah siagakan tiga unit kendaraan tanki air,"


"Saat ini baru ada laporan dan sudah disikapi bantuan air bersih ke wilayah warga Pasirbaru Kecamatan Cisolok Palabuhanratu," kata Asep Suherman yang kerap disapa Aseng, Kamis (20/6/2019).


BACA JUGA : 6 Desa Dilaporkan Bermasalah, Kajari Sukabumi : Akan Kita Garap Secepatnya


Lebih jauh Kepala Pelaksana BPBD menjelaskan, untuk teknis pendistribusian air bersih, nantinya BPDD akan bekerjasama dengan Perusahaan Milik Daerah (Perumda) Tirta Jaya Mandiri.


"Kita telah MoU, tanki dari BPBD diisi air dari Perumda PDAM Tirta Jaya Mandiri, untuk kiriman fleksibel tergantung dari wilayah dan jumlah warga serta KK, yang jelas kita siaga kekeringan," jelas Aseng.


BACA JUGA : GMNI Sukabumi : Penerimaan Siswa Baru Sistem PPDB Tindakan Diskriminatif


Namun untuk menanggulangi masalah kekeringan pada areal pertanian, Aseng menjelaskan hal tersebut bukan merupakan kewenangan BPBD, hal tersebut merupakan kewenangan dari Dinas Pekerjaan Umum (PU).


"Itu adalah kewajiban dinas PU bidang pengairan, sebelumnya ada yang meminta bantuan dari petani di Ciemas, kita hanya membantu pengadaan alat saja." jelasnya.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi



Close Ads X