Jangan Tunggu Didemo, Oakley Minta Pemkab Sukabumi Serius Benahi Terminal Benda Cicurug

Rabu, 26 Juni 2019 - 00:00 WIB

Jangan Tunggu Didemo, Oakley Minta Pemkab Sukabumi Serius Benahi Terminal Benda Cicurug
Jangan Tunggu Didemo, Oakley Minta Pemkab Sukabumi Serius Benahi Terminal Benda Cicurug
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Komunitas moda transportasi angkutan umum Oakley Sukabumi menggelar acara halal bihalal Idul Futri 2019 /1440 H di Markas Oakley Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda Sukabumi belum lama ini.


Oakley merupakan komunitas pengemudi, pemilik, dan pengurus jasa transportasi umum terbesar di Sukabumi dengan keanggotaan mencapai 500 anggota lebih yang berdiri sejak 25 tahun silam.


Ketua Oakley, Endang Kusnadi mengatakan di usia Oakley yang ke-25 bersama 500 anggota dari berbagai trayek Angkot, Bus dan angkutan jasa muat barang akan terus bekerja sama dengan Dinas terkait (Dishub) dan Kepolisian (Sat Lantas).


BACA JUGA : 2 Kali Lebaran Tidak Terpakai, Terminal Cicurug Terbengkalai


Keberadaan Oakley dinilai cukup sukses, tidak hanya membantu Dinas terkait dalam pengelolaan moda transportasi angkutan umum, untuk menepis pandangan sebelah mata tentang keberadaan komunitas pengemudi angkutan umum, Oakley menjalankan Koperasi bagi anggotanya.


Hasil sisa keuntungan Koperasi Oakley kerap digunakan untuk kegiatan dibidang sosial, diantaranya donasi bagi Yatim Piyatu dan Dhuafa hingga pembangunan Pondok Pesantren.



"Sisa hasil keuntungan koperasi Oakley dari pengadaan sembako kepada anggota, sebagian telah disalurkan untuk pembangunan pondok pesantren, walaupun sementara kami baru mampu sebatas hunian empat lokal, mohon doanya saja," kata Endang saat ditemui TatarSukabumi.ID, Minggu (23/6/2019).


BACA JUGA : Ada Kendala, Bus Kota Trayek Jalur Lingkar Selatan Sukabumi Belum Bisa Beroperasi


Disinggung awak media terkait mandek dan terbengkalainya fasilitas bangunan Terminal Benda Cicurug, Ketua Oakley angkat bicara.



"Disini kami berbicara antara hak dan kewajiban, kewajiban kami sebagai pengemudi serta pemilik seperti membayar pajak dan lain sebagainya kami sudah tunaikan, selanjutnya hak kami diberikan fasilitas bahwa angkutan umum itu harus punya wadah yaitu terminal," kata Endang.


Lebih jauh kata Endang, Pihaknya bersama pengurus jalur sempat beberapa kali melakukan pertemuan untuk membahas Terminal Benda yang dinilai tidak layak.


"Pertama masalah tata letak terminal yang bersampingan dengan SPBG, dan yang kedua hingga kini keberadaan terminal belum ada kejelasan pasti," jelas Endang.


Padahal jelas Endang, keberadaan Terminal ini bisa menekan tingkat kemacetan di wilayah Cicurug, Endang meminta dilakukan pembenahan Terminal Benda serta permasalahan teknis lainnya, diantaranya penertiban trayek angkutan antar wilayah karena wilayah tersebut merupakan perbatasan Kabupaten Sukabumi dengan Kabupaten Bogor.


"Kami mohon segera ada solusi, apa kita sebagai warga masyarakat harus terlebih dahulu melakukan aksi unjuk rasa kepada pemerintah" tukasnya.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi