BLK Sukabumi dan BBPLK Jabar Buka Pelatihan Kerja Gratis

Rabu, 26 Juni 2019 - 00:00 WIB

BLK Sukabumi dan BBPLK Jabar Buka Pelatihan Kerja Gratis
BLK Sukabumi dan BBPLK Jabar Buka Pelatihan Kerja Gratis
Banner Dalam Artikel



TatarSukabumi.ID - Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi institusional angkatan III tahun 2019 bagi masyarakat Sukabumi, mulai 19 juni 2019 hingga 20 hari kedepan.


Ridwan Agus Mulyawan, Kepala UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) pada Disnakertrans Kabupaten Sukabumi mengatakan, kegiatan pelatihan ini didanai oleh Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Provinsi Jawa barat.


"Tahun ini kami bersama Disnakertrans sudah berusaha maksimal dalam melatih, membina peserta hingga bisa tersalurkan terbagi dalam III angkatan dengan estimasi sekitar 500 peserta," kata Ridwan belum lama ini.


BACA JUGA : Pemerintah Australia Beri Hibah 709 M Untuk Program Air Bersih


Dengan acara ini diharapkan, warga Sukabumi yang telah mengikuti pelatihan dapat memiliki bekal kemampuan dalam menjawab tantangan kerja dengan menitik beratkan pada kemampuan (skill) yang diimbangi standar pengetahuan, keterampilan serta kepribadian.


"Besar harapan kami program ini bermanfaat dalam menjawab kebutuhan bursa tenaga kerja yang seimbang. setelahnya ikuti pelatihan bisa menjadi tenaga kerja yang miliki sumber daya manusia berstandar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI). khususnya dalam orientasi tanggung jawab pemerintah bisa menempatkan masyarakat bisa bekerja dalam proses pemenuhan kebutuhan ekonomi, apalagi hingga bisa mandiri berwira usaha sehingga dapat meningkatkan tarap penghidupan yang lebih layak khususnya kepada warga masyarakat sukabumi," beber Ridwan.


BACA JUGA : Disnakertrans Sukabumi : 10 Ribu Pencari Kerja Siap Diserap di Tahun 2019


Selama pelatihan peserta akan dibekali pelatihan sesuai bidang kejuruannya, diantaranya kejuruan mekanik las, pengoperasian mesin bubut, tune-up bengkel motor, teknik refrigrator (AC), pengolahan hasil pertanian, Furniture, bisnis akuntansi, perakitan komputer, dan garment.


Waktu pelaksanaan pelatihan angkatan ke-III ini diikuti oleh 160 peserta yang diagendakan akan dilaksanakan selama 20 hari kedepan.


"Kegiatan berakhir di bulan juli 2019, seluruh peserta akan di uji kompetensi pelatihan langsung oleh lembaga sertifikasi profesi BBPLK Bandung" jelas Ridwan.


BACA JUGA : Terbukti Korupsi 1,1 Milyar 2 Kades Sukabumi Divonis 4,5 Tahun Penjara


Disinggung terkait target penyerapan tenaga kerja baik dalam dan luar negeri Disnakertras Kabupaten Sukabumi yang menyatakan 10 ribu Tenaga Kerja dapat diserap di tahun 2019.


"Bisa saja terwujud selama dalam prosesnya didukung oleh peran aktif semua pihak yang diimbangi oleh bursa peluang kerja atau wirausaha produktif yang terbuka lebar di wilayah Sukabumi," tukasnya.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi