Header AD

Warga Kukuh Minta Peternakan Ayam di Desa Pangkalan Cikidang Untuk Ditutup

TatarSukabumi.ID -  Warga 5 Ke-RT an Kampung Cisalada Desa Cikidang Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi tetap bersikukuh menolak keberadaan Perusahaan Peternakan Ayam yang berada dilingkungan Warga.


Warga meminta salah satu Perusahaan Peternakan Ayam yang berlokasi di Kampung Cikajang Desa Pangkalan berbatasan dengan wilayah Desa Cikidang yang telah berdiri hampir 4 tahun untuk ditutup, hal ini dikarenakan proses perijinan Perusahaan serta dampak pencemaran limbah yang ditimbulkan berdampak ke lingkungan warga.


BACA JUGA : Akibat Bau dan Limbah Bikin Gatal Warga, Marwan Hamami Intruksikan Hentikan Operasional Peternakan Ayam di Cikidang


Zaenal Arifin Kepala Desa Pangkalan Kecamatan Cikidang saat dikonfirmasi TatarSukabumi.ID terkait sikap warga yang bersikukuh agar peternakan ditutup angkat bicara, "Kami selaku Kepala Desa yang punya lokasi lahan itu bukan kewenangan Kepala Desa , mungkin kami hanya bisa membantu terutama untuk menfasilitasi keinginan warga dengan pihak Perusahaan, selama itu masih bisa dilakukan, apabila warga tetap berkeinginan ditutup ya apa boleh buat," ujar Zaenal Arifin.


Kades Pangkalan mengaku telah berupaya berkoordinasi dengan pihak pihak terkait, "Kami pun membantu pihak pengusaha dalam proses perijinan, karena kita mengacu kepada rekomendasi Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi yang masih berlaku satu tahun lagi," ujar Kades.


"Bahkan mungkin kemarin kami telah mendatangi Badan Pertanahan dan Tata Ruang, dia mengarahkan supaya pihak perusahaan mengajukan permohonan kepada Dinas Tata Ruang , apakah wilayah kecamatan Cikidang bisa dilakukan untuk peternakan ayam dilihat dari titik koordinat," beber Zenal Arifin.


BACA JUGA : Marwan Hamami Warning dan Ancam Pengusaha Nakal Dalam Pengurusan Izin Perusahaan


Terkait pemberian rekomendasi pendirian Perusahaan, Kepala Desa Pangkalan menyanggah dirinya memberikan rekomendasi, "Kalau kita di Desa tidak bisa berikan surat rekomendasi, kita hanya bisa mengeluarkan surat keterangan domisili perusahaan ternak ayam. Itu sesuai dengan lokasi tanah peternakan, bila surat rekomendasi adalah hak Camat," sanggah Zenal Arifin.


Setelah sebelumnya Minggu (29/7) lalu Orang nomor satu di Sukabumi, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyambangi warga Desa Pangkalan untuk menampung aspirasi dan tuntutan warga terkait permasalahan yang ditimbulkan dari Perusahaan Peternakan Ayam.


Kepada Bupati Sukabumi warga tetap berkeras meminta perusahaan Peternakan ayam untuk ditutup.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Warga Kukuh Minta Peternakan Ayam di Desa Pangkalan Cikidang Untuk Ditutup Warga Kukuh Minta Peternakan Ayam di Desa Pangkalan Cikidang Untuk Ditutup Reviewed by Tatar Sukabumi on Sabtu, Agustus 11, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads