Header AD

Destinasi Wisata Baru, Desa Seribu Kolecer di Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, unsur Pemerintah Desa Bojonggaling Kecamatan Bojonggenteng mengadakan persiapan jelang peresmian dan pencanangan Desa Bojonggaling menjadi salah satu destinasi Desa Wisata bertajuk Desa Seribu Kolecer .


Rencananya peresmian Desa Seribu Kolecer (Kincir) akan digelar pada 14 Agustus 2018 mendatang yang akan diresmikan oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.


BACA JUGA : Kampung Unik di Sukabumi, Motor Tidak Bisa Masuk Kampung 24 Jam Geletak di Jalanan


Acara peresmian Kampung Seribu Kolecer nantinya akan dipusatkan di Lapangan Sepakbola Pasir Haur RT 24/RW 06 Desa Bojonggaling.


Rencananya, 6 Kilometer jalanan sepanjang Desa Bojonggaling akan dihias oleh seribu Kolecer dan sepanjang jalan berjejer tanaman Sayuran yang ditanam didalam plastik polybag.


BACA JUGA : Menteri BUMN Prihatin, Masjid Wisata Ujung Genteng Kumuh Tidak Tertata Berdiri Diantara Cafe Remang Remang


Berlokasi di salah satu Kampung Seribu Kolecer Pasir Kuntul, Kepala Desa Bojonggaling, Dodi Wahyudi kepada TatarSukabumi.ID mengungkapkan, "Kegiatan ini merupakan wujud melestarikan budaya kearifan lokal Budaya Sunda, dahulu kolecer yang terbuat dari bambu oleh orang tua kita merupakan salah satu isyarat dalam mengukur angin atau sebelum akan berangkat melaut," ujar Dedi disela peninjauan pelaksanaan pembuatan Kolecer di Kampung Pasir Kuntul, Sabtu [11/8/2018].


Menurut Dedi, Ide dan gagasan awal Desa Seribu Kolecer berawal dari Masyarakat dan didukung oleh unsur Pemerintah Kecamatan Bojongenteng, Dodi berharap Pemerintah Daerah dapat erespon positif kegiatan ini, "Semoga budaya kearifan lokal semakin diperhatikan, Alhamdulillah Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi pun sudah mulai merespon," tutur Dodi Wahyudi.


BACA JUGA : Warga Kukuh Minta Peternakan Ayam di Desa Pangkalan Cikidang Untuk Ditutup


Dana yang dikeluarkan untuk event ini sepenuhnya ditanggung oleh PHBN (Panitia Hari Besar Nasional) Pemdes Bojonggaling, bersama kesadaran dan Swadaya Masyarakat yang turut serta mewujudkan Desa Seribu Kolecer, "Swadaya warga masyarakat cukup tinggi, 4 kedusunan, 31 RT dan 7 RW di Bojonggaling, Pasir Kuntul, Pasir Haur dan Cimanggu," beber Kades.


Tampak peran serta Babinsa Desa Bojonggaling Kopral Kepala S.Pamuji ditemui dilokasi mengungkapkan, "Persiapan sudah hampir satu bulan , antusias warga berikut swadaya cukup
bagus bersama-sama bergotong royong dalam menyambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia," ujar Pamuji.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Destinasi Wisata Baru, Desa Seribu Kolecer di Sukabumi Destinasi Wisata Baru, Desa Seribu Kolecer di Sukabumi Reviewed by Tatar Sukabumi on Sabtu, Agustus 11, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads