Header AD

Sukabumi Terancam Sulit Air Bersih, Warga Cibadak Antri Demi Dapatkan Air

TatarSukabumi.ID - Antrian panjang warga membawa ember, jerigen air, hingga galon air dilokasi sumber air yand berada di sekitar perbukitan Ciamblas, Kampung Cikiwul, Desa Sekarwangi Cibadak Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Setidaknya, warga 2 Kampung Cikiwul dan Bantarmuncang, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, dalam 3 Bulan terakhir kesulitan mendapat air bersih.

BACA JUGA : Musim Kemarau, Warga Cibadak Sulit Dapatkan Air Bersih

Kondisi kekeringan terjadi selama tiga bulan terakhir, diduga akibat resapan air dari saluran irigasi terhambat akibat saluran irigasi mengalami kerusakan.

Sudah sejak lama saluran irigasi diperbaiki namun menurut pengakuan beberapa warga, perbaikan irigasi belum kunjung selesai hingga hal ini diduga mengakibatkan sumur mereka kering, terlebih ditambah hujan yang tidak kunjung turun akibat kemarau.

BACA JUGA : Kecamatan Cicurug dan Cidahu Terancam Kekeringan, Pemda Sukabumi Gelar FGD

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga harus rela mengambil air disalah satu sumber air yang jaraknya sekitar setengah kilometer dari permukiman terdekat.

Antrean panjang di sumber mata air kerap terjadi sejak pagi hingga malam menjelang.

Masyarakat menampung dan membawa air dengan peralatan seadanya, seperti ember dan galon untuk keperluan sehari-hari,  "Musim kekeringan baru terjadi tahun ini. Selokan air ke kampung kami rusak jadi kering. Sumur airnya dari resapan air selokan kering. Sudah ada hampir tiga bulan sehabis bulan puasa lalu," aku Pepen (45) warga Cikiwul kepada TatarSukabumi.ID, Minggu [15/7/2018].

Sementara itu Miskah (57) ketua RT berharap saluran irigasi segera diperbaiki agar air dapat mengalir ke kampungnya,
"Saking sulitnya air, mandi saja paling dua hari sekali. Apalagi Saya tidak punya kendaraan, jadi terpaksa jalan kaki hanya untuk seember air. Jangankan untuk mencuci dan mandi, buat kebutuhan sehari-hari seperti memasak dan wudhu saja susah," ujar Miskah.(*)

Reporter : isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Sukabumi Terancam Sulit Air Bersih, Warga Cibadak Antri Demi Dapatkan Air Sukabumi Terancam Sulit Air Bersih, Warga Cibadak Antri Demi Dapatkan Air Reviewed by Tatar Sukabumi on Minggu, Juli 15, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads