Header AD

RAPI 06 Kabupaten Sukabumi Tingkatkan Eksistensi Bersinergi Dengan Pemerintah Daerah

TatarSukabumi.ID - Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) merupakan organisasi yang tumbuh dan berkembang berdasarkan hoby berkomunikasi menggunakan pita frekuensi gelombang radio.

Tujuan utama RAPI yakni memberikan dan saling tukar informasi diantaranya keadaan cuaca disuatu wilayah, keadaan lalulintas hingga kejadian bencana alam serta kegiatan kemanusiaan lainnya yang tidak terjangkau oleh alat komunikasi lain.

Keberadaan anggota RAPI tersebar dipelbagai daerah hingga pelosok Desa sebagai alat komunikasi yang cukup efektif untuk menjalin silaturohim antar penduduk maupun kegiatan sosial kemasyarakatan khususnya dalam memberikan bantuan Komunikasi atau penyampaian informasi kepada seseorang, maupun instansi.

BACA JUGA : Kisah Sedih Pasca Evakuasi Buaya Muara Bernama Dewi di Palabuhanratu

Pegiat Rapi, Yan Victor M /JZ 10 MDL
selaku Sekretaris Wilayah 06 RAPI Kabupaten Sukabumi mengungkapkan, "Telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi pasal 42 ayat (1) bahwa Kegiatan Komunikasi Radio Antar Penduduk sebagaimana dimaksud dalam Pasal 40 huruf b digunakan untuk saling berkomunikasi tentang kegiatan kemasyarakatan.

selanjutnya Victor menambahkan, "Dalam ayat (2) Kegiatan komunikasi radio antar penduduk dapat digunakan untuk penyampaian berita marabahaya, bencana alam, pencarian dan pertolongan (SAR) dan Keselamatan Negara," tutur Victor.

Victor juga menjelaskan, untuk memperjelas keberadaan RAPI, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 34 tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Komunikasi Radio Antar Penduduk mengatur tatacara berkomunikasi, kewajiban dan larangan dalam berkomunikasi, panggilan atau callsign bagi anggota RAPI yang sudah memenuhi syarat serta ketentuan-ketentuan lainnya berkaitan dengan penyelenggaraan Komunikasi Radio Antar Penduduk.

BACA JUGA : Niat Mencari Kerja Malah Kecopetan di Job Fair Sukabumi Career Expo

Data yang diterima TatarSukabumi.ID, jumlah anggota RAPI hingga Juni 2018 Wilayah 06 Kabupaten Sukabumi mencapai 547 Anggota yang tersebar di 47 Kecamatan se-kabupaten Sukabumi dengan 8 kepengurusan Lokal kerja (Gabungan 4 hingga 9 Kecamatan yang berdekatan).

Setiap tahunnya RAPI kerap menggelar kegiatan rutin berupa bantuan komunikasi, menyampaikan informasi dan situasi yang bersinergi bersama pihak Kepolisian, Dinas perhubungan, BPBD, Basarnas, Sarda.

Selain bantuan Komunikasi rutin, RAPI pun telah dilatih untuk siap melaksanakan bantuan komunikasi emergency seperti Bankom (Bantuan Komunikasi) Bencana Alam, Bankom SAR laka laut maupun SAR darat atau keadaan darurat lainnya.

BACA JUGA : Harga Sayuran di Sukabumi Naik, Ternyata Ini Penyebabnya

"kita melakukan kegiatan kemanusian tanpa pamrih, semua anggota melakukan itu dibarengi dengan jiwa sosial yang tinggi, rasa kepedulian yang tinggi terhadap sesama dan ingin berbuat untuk membantu pemerintah Daerah dalam tanggap darurat," ungkap Victor.

Untuk lebih meningkatkan kualitas RAPI Wilayah 06 Kabupaten Sukabumi dan kualitas Sumber Daya Anggota, kedepannya RAPI akan membentuk Team Reaksi Cepat Informasi Komunikasi Bencana (TRC-IKB), Team Satgas Komuniksi khusus (Satgaskom), Team Satgas Bantuan Sosial (Satgas Bansos) dan Team RAPI Raider.

Menurut Victor, untuk kelancaran rencana pembentukan satgas RAPI  dan peningkatan kualitas SDM pengurus, nantinya RAPI akan menjalin kerjasama dengan instansi Pemerintah/lembaga Daerah terkait Untuk meningkatkan sinergitas RAPI dengan pihak pemerintah.

"Kami akan terus mencoba berkomunikasi dengan Pemerintah Daerah khususnya Dinas Kominfo dan Persandian, Dinas Sosial, BPBD, Dinas perhubungan dan lembaga terkait lainnya," ungkapnya.(*)

Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

RAPI 06 Kabupaten Sukabumi Tingkatkan Eksistensi Bersinergi Dengan Pemerintah Daerah RAPI 06 Kabupaten Sukabumi Tingkatkan Eksistensi Bersinergi Dengan Pemerintah Daerah Reviewed by Tatar Sukabumi on Selasa, Juli 17, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads